Perbandingan hasil belajar siswa pasca pembelajaran antara penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Division) dan jigsaw pada mata pelajaran teknologi mekanik di SMK PGRI 3 Malang / Wening Laras Jati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan hasil belajar siswa pasca pembelajaran antara penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Division) dan jigsaw pada mata pelajaran teknologi mekanik di SMK PGRI 3 Malang / Wening Laras Jati

Jati, Wening Laras (2015) Perbandingan hasil belajar siswa pasca pembelajaran antara penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Division) dan jigsaw pada mata pelajaran teknologi mekanik di SMK PGRI 3 Malang / Wening Laras Jati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jati Wening Laras. 2015. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pasca Pembelajaran antara Penerapan Metode STAD (Student Teams Achievement Division dan JIGSAW pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik di SMK PGRI 3 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik.Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Dr. Eddy Sutadji M.Pd. 2) Drs.H. Sunomo M.Pd. Kata Kunci Perbandingan Hasil belajar STAD (Student Team Achievement Division) JIGSAW Hasil belajar merupakan suatu proses perubahan yang terjadi dalam diri seseorang baik pengetahuan ketrampilan dan sikap. Di SMK PGRI 3 Malang hasil belajar yang dimiliki siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan sudah bagus namun perlu ditingkatkan dengan memberikan metode pembelajaran yang bervariasi terhadap siswa. Sehingga siswa lebih aktif dikelas dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) (2) mengetahui hasil belajar siswa menggunakan metode JIGSAW (3) mengetahui perbedaan yang signifinikan terhadap hasil belajar menggunakan metode pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan JIGSAW. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan format Quasy Experimental Design. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian deskriptif dan Quasy Eskperimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design yang melibatkan kelas eksperimen dengan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan kelas kontrol dengan model pembelajaran JIGSAW.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 3 Malang Keahlian Teknik Pemesinan kelas TPA dan TPB. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pretest posttest dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata pretest siswa yang menggunakan metode STAD adalah 49.25 rata-rata posttest 80.50 dan rata-rata hasil belajar siswa 86.40 (2) nilai rata-rata pretest siswa menggunakan metode JIGSAW adalah 46.39 rata-rata posttest 75.27 dan rata-rata hasil belajar siswa 81.54 (3) pada pengujian hipotesis penelitian menunjukkan nilai Sig (2-tailed)0.002

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42519

Actions (login required)

View Item View Item