Pengembangan buku ajar mata pelajaran mekanika teknik program keahlian teknik pemesinan SMK PGRI 3 Malang / Ma'rifatun Nadhiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar mata pelajaran mekanika teknik program keahlian teknik pemesinan SMK PGRI 3 Malang / Ma'rifatun Nadhiroh

Nadhiroh, Ma'rifatun (2015) Pengembangan buku ajar mata pelajaran mekanika teknik program keahlian teknik pemesinan SMK PGRI 3 Malang / Ma'rifatun Nadhiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nadhiroh Ma rifatun. 2015. Pengembangan Buku Ajar Mata Pelajaran Mekanika Teknik Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK PGRI 3 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Yoto S.T. M.Pd. M.M. (II) Drs. Djoni Bangun M.Pd. Kata Kunci pengembangan buku ajar mekanika teknik model Dick dan Carey Tahap awal implementasi Kurikulum 2013 banyak hal yang perlu disiapkan salah satunya adalah penyusunan buku ajar Mata Pelajaran Mekanika Teknik. Buku ajar yang telah disiapkan oleh pemerintah sulit untuk dipahami dan buku ajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013 di sekolah ataupun di toko-toko buku belum tersedia. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan buku ajar Mekanika Teknik yang mudah dipahami dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan menyediakan buku ajar dan menguji kelayakan Buku Ajar Mata Pelajaran Mekanika Teknik untuk siswa Program Keahlian Teknik Pemesinan Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 3 Malang yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Metode pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model pengembangan Dick dan Carey yang terdiri dari 10 langkah. Langkah-langkah tersebut antara lain (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis instruksional (3) menganalisis karakteristik siswa dan konteks pembelajaran (4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengem-bangkan dan memilih bahan ajar (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif (9) melakukan revisi terhadap program pembelajaran dan (10) merancang dan mengembangkan evaluasi sumatif namun dalam penelitian ini untuk langkah ke-10 tidak dilakukan karena keterbatasan waktu untuk melakukan seluruh kegiatan belajar dalam waktu satu semester. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini telah melalui 3 tahap uji coba formatif yaitu validasi ahli yang terdiri dari ahli materi mendapatkan persentase sebesar 70 35% dinyatakan cukup valid dan ahli teknologi pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 91 55% dinyatakan sangat valid uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 78 71% yang berarti sangat valid dan uji coba kelompok besar mendapatkan persentase sebesar 85 15% yang berarti sangat valid. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa buku ajar Mekanika Teknik yang dikembangkan ini sangat valid dan dapat digunakan sebagai bahan (buku) ajar Mata Pelajaran Mekanika Teknik. Saran pemanfaatan buku ajar untuk guru dan siswa yaitu mempelajari panduan buku ajar terlebih dahulu supaya dapat menggunakan Buku Ajar Mekanika Teknik dengan baik. Penyebaran produk hendaknya dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran Mata Pelajaran Mekanika Teknik. Saran untuk pengembangan produk lebih lanjut dapat dilakukan pada Buku Ajar Mekanika Teknik semester 2 dan pengembangan buku ajar pada Mata Pelajaran lain yang sesuai dengan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42509

Actions (login required)

View Item View Item