Pengaruh keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler di sekolah, gaya belajar, dan efikasi diri terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Madiun / Illia Fitri Fadlillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler di sekolah, gaya belajar, dan efikasi diri terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Madiun / Illia Fitri Fadlillah

Fadlillah, Illia Fitri (2015) Pengaruh keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler di sekolah, gaya belajar, dan efikasi diri terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Madiun / Illia Fitri Fadlillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fadlillah Illia Fitri. 2015. Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Ekstrakurikuler di Sekolah Gaya Belajar dan Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 6 Madiun. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sumadi S.E. M.M (II) Dr. Cipto Wardoyo M.Pd M.Si.Ak CA Kata Kunci keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler di sekolah gaya belajar efikasi diri prestasi belajar akuntansi 12288 12288 12288 12288 Pendidikan merupakan suatu upaya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas melalui sebuah proses belajar. Belajar dapat dilakukan dilakukan dimanapun oleh setiap individu salah satunya adalah di sekolah. Proses pembelajaran ini tidak hanya terjadi di dalam kelas namun bisa melalui kegiatan lain seperti ekstrakurikuler. Keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh prestasi belajar. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler di sekolah gaya belajar dan efikasi diri. Berdasarkan uraian tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler di sekolah gaya belajar dan efikasi diri terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Madiun. 12288 12288 12288 12288 Variabel dalam penelitian ini adalah keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler di sekolah (X1) gaya belajar(X2) dan efikasi diri (X3) sedangkan variabel terikat prestasi belajar akuntansi (Y). Jenis penelitian eksplanasi (explanatory research) dengan jumlah sampel sebanyak 56 siswa dan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear berganda. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pengaruh ini bersifat positif yang berarti semakin aktif siswa dalam ekstrakurikuler maka semakin baik pula prestasi belajar siswa (2) Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pengaruh ini bersifat positif yang berarti bahwa semakin siswa paham terhadap gaya belajar yang dimilikinya maka semakin baik prestasi belajar akuntansi (3) Terdapat pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa pengaruh ini bersifat positif yang berarti bahwa semakin tinggi efikasi diri siswa maka prestasi belajar akan semakin baik. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Bagi sekolah khususnya guru pada mata pelajaran akuntansi diharapkan mengenali gaya belajar siswa dan memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa baik faktor intern maupun faktor ekstern agar guru selalu berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas (2) Bagi siswa hendaknya mengenali gaya belajarnya dan meningkatkan efikasi diri agar dapat mencapai prestasi belajar yang lebih optimal lagi (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkombinasikan pengumpulan data berupa angket dengan teknik wawancara dan observasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42503

Actions (login required)

View Item View Item