moerniati, endah (2020) Pengembangan buku tutorial menggambar doodle untuk melatih keberanian berekspresi siswa SMP Kelas VII. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses belajar seni rupa akan efektif apabila didukung oleh faktor dari dalam dan luar diri siswa. Faktor dalam diri siswa menyangkut potensi bakat dan minat sisa, sedangkan faktor dari luar dipengaruhi banyak aspek antara lain dukungan dan dorongan dari orang-orang terdekat, motivasi guru, sarana dan prasarana pendukung proses belajar. Materi menggambar bisa dijadikan salah satu cara untuk menggali bakat siswa dalam bidang seni rupa. Kita tahu bahwa setiap anak memiliki kecerdasan visual-spasial, bagi yang tingkatanya tinggi siswa akan mudah menerima dan mengembangkan materi menggambar yang disampaikan oleh guru dan menghasilkan karya yang kreatif. Sedangkan bagi siswa yang tingkat kecerdasan visual-spasial kurang, kegiatan menggambar akan menjadi sarana ekspresi dan rekreasi yang menyenangkan dan hasil karya sebatas hasil sebuah proses. Ada berbagai cara agar belajar menggambar menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan dan membawa pengaruh positif pada setiap individu, salah satunya dengan menerapkan teknik menggambar doodle. Dewasa ini menggambar doodle banyak disukai karena tingkat ekspresi dan kreativitasnya sangat tinggi, karena teknik menggambar jenis ini tidak harus dibatasi dengan kaidah-kaidah yang ketat, oleh karena itu menggambar doodle bisa dikerjakan oleh siapa saja, bahkan tidak harus mempelajari teori menggambar yang rumit. Untuk itu dalam penelitian ini penulis akan mengembangkan sebuah produk media pembelajaran berupa buku tutorial menggambar doodle untuk melatih keberanian berekspresi siswa SMP kelas VII. Buku tutorial ini merupakan sebuah buku kreativitas yang di dalamnya tidak hanya berisi pengetahuan tetapi juga disertai dengan contoh dan langkah tutorial dalam menggambar doodle. Ada bagian isi buku berisi lembar kreativitas yang bisa langsung dipergunakan oleh siswa dalam menggambar doodle. Rancangan penelitian pengembangan yang dipilh dengan menggunakan model 5D yang terdiri atas lima langkah, dengan tahapan sebgai berikut Define, Data, Design, Develop, Disseminate. Dalam proses pengambilan data terhadap sampel dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Validasi produk yang dikembangkan dilakukan oleh dua orang ahli bahan ajar, dua orang ahli materi dan uji coba terbatas pada pengguna dengan sampel dua orang guru seni budaya, dan uji coba terbatas pada siswa SMP kelas VII sebanyak tiga puluh orang. Hasil penelitian pengembangan menghasilkan produk berupa buku tutorial menggambar doodle, yang di dalamnya berisi materi pengetahuan, contoh, dan lembar kreativitas yang bisa dipergunakan untuk berkreasi menggambar doodle oleh pengguna buku. Berdasarkan hasil validasi produk untuk mengukur dan mengetahui tingkan keefektifan produk yang dikembangkan, maka diperoleh data kuantitatif sebagai berikut; nilai validitas dari ahli buku ajar diperoleh sebesar 90%, hal ini berarti bahwa dari aspek struktur tampilan buku ajar yang dikembangkan termasuk dalam katagori valid dan sangat layak untuk digunakan, nilai validitas dari ahli materi diperoleh sebesar 75%, hal ini berarti dari aspek isi materi yang disajikan dam buku ajar masuk dalam katagori valid, dan sangat layak untuk dipergunakan, nilai validitas dari pengguna guru diperoleh 94,38 %, hal ini berarti pengguna guru memberikan penilaian bahwa buku ajar yang dikembangkan valid dan sangat layak untuk dipergunakan untuk pembelajaran, dan nilai validitas dari pengguna siswa SMP kelas VII sebanyak 30 responden diperoleh sebesar 97,04% yang berarti valid dan sangat layak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku ajar, tutorial, menggambar, doodle, ekspresi, kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S2 Keguruan Seni Rupa |
Depositing User: | mr magang UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 03:44 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 03:44 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4250 |
Actions (login required)
View Item |