Pelaksanaan sistem pembelajaran di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMP Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar / Arga Putra Kusuma Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan sistem pembelajaran di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMP Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar / Arga Putra Kusuma Widodo

Widodo, Arga Putra Kusuma (2013) Pelaksanaan sistem pembelajaran di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMP Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar / Arga Putra Kusuma Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widodo Arga Putra Kusuma. 2012. Pelaksanaan Sistem Pembelajaran di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMP Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Sulthoni S. Pd M.Pd. (II) Henry Praherdhiono S.Si M.Pd Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional merupakan suatu program pendidikan pemerintah yang menyelenggarakan pendidikan bertaraf internasional untuk menciptakan sekolah yang berkualitas. Untuk menyelenggarakan sekolah bertaraf internasional perlu adanya sistem pembelajaran bertaraf internasional. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai pelaksanaan sistem pembelajaran rintisan sekolah bertaraf internaioanl tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMP Negeri 1 Kesamben (2) Mengetahui faktor-faktor penunjang dan faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMP Negeri 1 Kesamben (3) Mengetahui cara-cara mengatasi dan solusi faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMP Negeri 1 Kesamben. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup pelaksananaan sistem pembelajaran di rintisan sekolah bertaraf internasional. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi langsung dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan trianggulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap persipan tahap pelaksanaan tahap penyelesaian. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil simpulan sebagai berilkut Pelaksanaan sistem pembelajaran di SMP Negeri 1 Kesamben masih dalam proses adaptasi dan masalah-masalah yang ada dalam proses adapatasi tersebut diatasi dengan berbagai terobosan sesuai panduan pelaksanaan SMP-SBI. Dari semua hasil yang ada tersebut maka saran penulis bagi pelaksanaan sistem pembelajaran RSBI SMP Negeri 1 Kesamben secara bertahap harus memenuhi target target sesuai penduan pelaksanaan SMP-RSBI. untuk pelaksanaannya harus disertai dukungan dari komponen pendidikan yang terlibat dalam pelaksanaannya supaya target kompetensi intenasional terlampaui. Kata Kunci Pelaksanaan Sistem Pembelajaran Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/425

Actions (login required)

View Item View Item