Kompetensi guru dalam mengembangkan tes dan non tes mata pelajaran praktikum teknik pemesinan di SMK Pekerjaan Umum (PU) Malang / Wiko Prasetiyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Kompetensi guru dalam mengembangkan tes dan non tes mata pelajaran praktikum teknik pemesinan di SMK Pekerjaan Umum (PU) Malang / Wiko Prasetiyo

Prasetiyo, Wiko (2015) Kompetensi guru dalam mengembangkan tes dan non tes mata pelajaran praktikum teknik pemesinan di SMK Pekerjaan Umum (PU) Malang / Wiko Prasetiyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prasetiyo Wiko. 2014. Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Tes Dan Non Tes Mata Pelajaran Praktikum Teknik Pemesinan Di Smk Pekerjaan Umum (PU) Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Eddy Sutadji M.Pd. Pembimbing II Drs. H. Abdul Qolik M.M. M.Pd. Kata Kunci Kompetensi guru tes dan non tes SMK Pada dasarnya proses pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan di mana guru merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan berhasilnya proses pembelajaran. Kondisi pemahaman tentang kompetensi guru sangat bergantung pada sejauh mana pemahaman atau pandangan yang dengan kata lain mempersepsikan guru terhadap standar kompetensi. Kualitas kompetensi pedagogik guru dalam menyusun bentuk tes dan non tes khususnya dalam pembuatan butir soal sebagai salah satu alat evaluasi pembelajaran untuk menentukan hasil pembelajaran yang pada akhirnya berdampak pada pencapaian hasil pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMK Pekerjaan Umum (PU) Malang. Responden dalam penelitian ini yaitu 5 guru Produktif dan 19 siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kompetensi guru dalam menyusun tes dan non tes dalam membuat butir soal. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi sedangkan analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi pedagogik guru SMK PU yang mengampu mata pelajaran praktikum teknik pemesinan rata-rata sebesar 64 98% dalam kategori baik artinya guru yang dianggap masih belum bisa menyusun tes dalam bentuk soal dengan baik dan guru yang sudah dikatakan bisa menyusun tes dalam bentuk soal dengan baik perbandingan persentasenya adalah 40% dengan 60%. Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru mata pelajaran praktikum teknik pemesinan di SMK PU termasuk dalam kriteria baik dengan persentase rata-rata 77 78% dan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru mata pelajaran praktikum teknik pemesinan di SMK PU termasuk dalam kriteria baik dengan persentase 73 89%. Kompetensi guru dalam mengembangkan non tes mata pelajaran praktikum teknik pemesinan di SMK PU termasuk dalam kriteria baik dengan persentase 85%. Kompetensi guru dalam mengembangkan tes dan non tes mata pelajaran praktikum teknik pemesinan di SMK PU secara umum sudah dalam kriteria baik dan sudah sesuai dengan persyaratan penyusunan instrumen tes dan non tes yang baik dengan persentase 75 83% dinilai dari segi materi konstruksi dan bahasa/budaya. Saran yang diberikan oleh peneliti kepada pihak sekolah adalah secara aktif dan berkala selalu memonitoring dan merekomendasikan guru serta menugaskannya dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensinya seperti diklat keguruan dan keahlian atau pelatihan-pelatihan penulisan dan penyusunan instrumen tes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42473

Actions (login required)

View Item View Item