Pengaruh variasi bahan pengikat terhadap kekuatan cetakan pasir, permeabilitas, fluiditas, kekerasan logam dan kualitas hasil pengecoran logam paduan Al-Si dengan metode gravity casting / Dian Adi Putra

Putra, Dian Adi (2015) Pengaruh variasi bahan pengikat terhadap kekuatan cetakan pasir, permeabilitas, fluiditas, kekerasan logam dan kualitas hasil pengecoran logam paduan Al-Si dengan metode gravity casting / Dian Adi Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengecoran logam (metal casting) adalah proses pembentukan benda dimulai dengan mencairkan logam, menuangkannya ke dalam cetakan, kemudian membiarkan logam tersebut sampai dingin dan membeku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi bahan pengikat yang meliputi bentonit, lumpur lapindo, dan semen portlandpada pasir cetak silika terhadap kekuatan cetakan pasir, permeabilitas, fluiditas, kekerasan logam dan cacat coran hasil pengecoran logam paduan Al-Si dengan metode gravity casting. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan menggunakan analisis data deskriptif. Analisis deskriptif meliputi penjelasan tentang hasil uji kekuatan cetakan pasir, permeabilitas, fluiditas, jumlah dan jenis cacat coran serta uji kekerasan permukaan hasil coran logam Al-Si. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kekuatan tekan basah tertinggi dimiliki oleh cetakan pasirdengan bahan pengikat lumpur lapindo 15% yaitu sebesar 8,73 N/cm2. Kekuatan tekan kering tertinggi dimiliki oleh cetakan pasir dengan bahan pengikat semen portland15% yaitu sebesar >32 N/cm2. Kekuatan tarik basahtertinggi dimiliki oleh pasir dengan bahan pengikat bentonit15% yaitu sebesar 3,33 N/cm2. Kekuatan tarik keringtertinggi dimiliki oleh pasir dengan bahan pengikat semen portland15%yaitu sebesar 18,60 N/cm2. Kekuatan geser basahtertinggi dimiliki oleh pasir dengan bahan pengikat semen portland15% yaitu sebesar 0,57 N/cm2. Kekuatan geser keringtertinggi dimiliki oleh pasir dengan bahan pengikat semen portland15% yaitu sebesar 1,03 N/cm2. Permeabilitas terbaik dimiliki oleh cetakan pasir dengan kandungan bahan pengikat bentonit15% yaitu sebesar 210 mm/menit.Dalam praktiknya di lapangan cetakan pasir basah berpengikat semen portland 15% tidak mempunyai kekuatan yang cukup ketika dimampatkan secara manual di copedan drag sehingga cetakan pasir ini tidak bisa dipergunakan sebagai media penuangan logam. Fluiditas terbaik dimiliki oleh cetakan pasir dengan menggunakan bahan pengikat lumpur lapindo 15%. Kualitas hasil coran terbaik dimiliki oleh hasil coran dari cetakan pasir dengan campuran bahan pengikat bentonit 15%. Kekerasan terbesar dimiliki oleh hasil corancetakan pasirdengan bahan pengikatbentonit 15% yaitu129,60 HVdan kekerasan terendah dimiliki oleh hasil corancetakan pasirdengan bahan pengikatlumpur lapindo 15% yaitu120,30 HV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42469

Actions (login required)

View Item View Item