Pengaruh suhu carburizing dengan media arang batok kelapa dan barium terhadap kekerasan roda gigi baja Aisi 4140 / Ludfi Hendry Atmoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh suhu carburizing dengan media arang batok kelapa dan barium terhadap kekerasan roda gigi baja Aisi 4140 / Ludfi Hendry Atmoko

Atmoko, Ludfi Hendry (2014) Pengaruh suhu carburizing dengan media arang batok kelapa dan barium terhadap kekerasan roda gigi baja Aisi 4140 / Ludfi Hendry Atmoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hendry Ludfi. 2013.Pengaruh Suhu Carburizing dengan Media Arang Batok Kelapa dan Barium terhadap Kekerasan Roda Gigi Baja AISI 4140. Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Putut Murdanto S.T M.T (2) Rr. Poppy Puspitasari S.Pd M.T. Ph. D. Kata Kunci pengaruh suhu baja AISI 4140 carburizing kekerasan 12288 12288 12288 12288 Pengarbonan (Carburizing) yaitu proses penambahan karbon besi campuran (ferrous alloy) yang pejal. Dikerjakan dengan cara memanaskan besi tersebut dalam bahan karbon padat cairan atau gas di bawah suhu kritis dan menahannya pada suhu tersebut. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh suhu carburizing terhadap kekerasan dan struktur mikro baja AISI 4140 dengan media arang batok kelapa dan barium. 12288 12288 12288 12288 12288 Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Sedangkan desain penelitiannya adalah penelitian eksperimental yang dilakukan di laboratorium.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji ANOVA. Analisis deskriptif dan uji ANOVA tersebut digunakan untuk pengujian dan membuktikan hipotesis. Objek penelitian ini adalah baja AISI 4140 yang kemudian diberi perlakuan yakni carburizing dengan variasi suhu carburizing. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil foto mikro menunjukkan bahwa dengan variasi suhu carburizing 850 0C didapat struktur perlit mulai terbentuk akan tetapi komposisi ferrit masih lebih mendominasi dibandingkan struktur perlit kemudian variasi suhu carburizing 900 0C didapat perubahan besarnya struktur perlit dan komposisi dari struktur perlit hampir mendominasi kemudian yang terakhir variasi suhu carburizing 950 0C didapat bentuk struktur perlit yang berubah hampir menutupi permukaan baja dan komposisinya lebih banyak dan mendominasi di permukaan baja. 12288 12288 12288 Hasil penelitian rata-rata kekerasan tertinggi diperoleh pada suhu 950 0C sebesar 214 4 HV pada suhu 900 0C sebesar 197 9 HV dan kekerasan terendah diperoleh pada suhu 850 0C sebesar 179 7 HV. Hal ini menunjukkan bahwa nilai kekerasan permukaan pada baja AISI 4140 antara sebelum dan setelah mengalami proses carburizing dengan variasi suhu sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin bertambahnya suhu carburizing berpengaruh terhadap tingkat kekerasan. Permukaan baja akan meningkat seiring bertambahnya suhu proses pack carburizing pada baja AISI 4140. 12288 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42457

Actions (login required)

View Item View Item