Hubungan antara aktivitas fungsi manajemen sarana dan prasarana bengkel kerja bangku dengan prestasi belajar siswa Jurusan Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri di SMK Negeri 1 Singosari Malang / Andre Brian Adikatulistiwa - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara aktivitas fungsi manajemen sarana dan prasarana bengkel kerja bangku dengan prestasi belajar siswa Jurusan Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri di SMK Negeri 1 Singosari Malang / Andre Brian Adikatulistiwa

Adikatulistiwa, Andre Brian (2014) Hubungan antara aktivitas fungsi manajemen sarana dan prasarana bengkel kerja bangku dengan prestasi belajar siswa Jurusan Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri di SMK Negeri 1 Singosari Malang / Andre Brian Adikatulistiwa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adikatulistiwa Andre Brian. 2014. Hubungan Aktivitas Fungsi Manajemen Sarana dan Prasarana Bengkel Kerja Bangku dengan Prestasi Belajar Siswa Jurusan Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri di SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. (2) Drs. H. Yoto S.T. M.Pd. M.M. Kata kunci manajemen sarana dan prasarana bengkel prestasi siswa teknik pemeliharaan mekanik industri SMK Manajemen merupakan ilmu yang berfungsi untuk mengatur sumber daya organisasi sehingga dapat mencapai tujuan secara baik dan efisien. Aktivitas perencanaan merupakan proses pemilihan strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan yang akan dicapai. Pengorganisasian merupakan suatu ilmu untuk mengatur kinerja yang dilakukan oleh satu orang atau lebih untuk menca-pai tujuan yang telah dibuat sebelumnya. Pelaksanaan adalah proses untuk mecapai tujuan dari sebuah lembaga/organisasi yang mengacu kepada perenca-naan dan juga pengorganisasian yang telah dibuat sebelumnya. Aktivitas penga-wasan merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk tetap menjaga agar tujuan yang telah dibuat sebelumnya bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Kondisi bengkel pemesinan yang standar diatur dalam Permendiknas Nomor 40 tahun 2008 meliputi standar luas minimum dan sarana prasarana yang harus tersedia dalam bengkel. Prestasi belajar merupakan hasil akhir yang nantinya akan didapatkan oleh siswa yang melakukan proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara aktivitas fungsi manajemen perencanaan bengkel kerja bangku (X1) akti-fitas fungsi manajemen penorganisasia bengkel kerja bangku(X2) aktivitas fungsi manajemen pelaksanaan bengkel kerja bangku (X3) dan aktivitas fungsi mana-jemen pengawasan bengkel kerja bangku (X4) dengan prestasi belajar siswa jurusan teknik pemeliharaan mekanik industri di SMK Negeri 1 Singosari (Y). Serta mendeskripsikan masing-masing variabel X1 X2 X3 X4 dan Y. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pendekatan diskriptif kuanti-tatif dengan responden sebanyak 60 siswa. Proses pengumpulan data menggu-nakan instrument angket dan dokumentasi sebelum melakukan pengumpulan data terlebih dahulu telah dilakukan pengujian instrumen pada 30 responden. Data yang diperoleh diuji dengan uji asumsi klasik untuk menguji prasyarat analisis dan uji hipotesis untuk mengungkap hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian 1) variabel X1 dikategorikan sangat baik 51 66% menya-takan aktivitas fungsi perencanaan sarana dan prasarana bengkel kerja bangku dengan kategori sangat baik 2) variabel X2 dikategorikan sangat baik 56 66% menyatakan aktivitas fungsi pengorganisasian sarana dan prasarana bengkel kerja bangku dengan kategori sangat baik 3) variabel X3 dikategorikan sangat baik 68 33% menyatakan aktivitas fungsi pelaksanaan sarana dan prasarana bengkel kerja bangku dengan kategori sangat baik 4) variabel X4 dikategorikan sangat baik 80 00% menyatakan aktivitas fungsi pengorganisasian sarana dan prasarana bengkel kerja bangku dengan kategori sangat baik 5) variabel Y dikategorikan baik rentang nilai antara 77-92 tidak ada responden yang nilainya dibawah SKM 75 6) secara parsial ada hubungan yang signifikan antara variabel X1 terhadap Y dengan taraf signifikan 0 013 0 05. Artinya ada hubungan yang signifikan 7) secara parsial ada hubungan yang signifikan antara variabel X2 terhadap Y dengan taraf signifikan 0 013 0 05. Artinya ada hubungan yang signifikan 8) secara parsial ada hubungan yang signifikan antara variabel X3 terhadap Y dengan taraf signifikan 0 013 0 05. Artinya ada hubungan yang signifikan 9) secara parsial ada hubungan yang signifikan antara variabel X4 terhadap Y dengan taraf signifikan 0 013 0 05. Artinya ada hubungan yang signifikan 10) secara simultan ada hubungan yang signifikan antara variabel X1 X2 X3 dan X4 terhadap Y dengan nilai signifikansi uji F sebesar 0 000 dan Fhitung sebesar 408 236 serta didapat R square sebesar 0 967 yang artinya sumbangan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 96 7 %

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42456

Actions (login required)

View Item View Item