Hubungan pengusaan matakuliah CAD/CAM dan pemrograman CNC terhadap prestasi belajar matakuliah CNC lanjut mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang / Rusti Dwi Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pengusaan matakuliah CAD/CAM dan pemrograman CNC terhadap prestasi belajar matakuliah CNC lanjut mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang / Rusti Dwi Wulandari

Wulandari, Rusti Dwi (2014) Hubungan pengusaan matakuliah CAD/CAM dan pemrograman CNC terhadap prestasi belajar matakuliah CNC lanjut mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang / Rusti Dwi Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wulandari Rusti Dwi. 2013. Hubungan Penguasaan Matakuliah CAD/CAM dan Pemrograman CNC terhadap Prestasi Belajar Matakuliah CNC Lanjut mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin progam Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Muhammad Alfian Mizar M.P. (2) Imam Sudjono S.T . M.T Kata Kunci CAD/CAM CNC Prestasi Belajar CNC 12288 12288 12288 12288 12288 Matakuliah CNC Lanjut merupakan salah satu matakuliah yang diajarkan pada jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Berdasarkan ketentuan jurusan Teknik Mesin (katalog jurusan Teknik Mesin) mahasiswa terlebih dahulu diwajibkan menempuh matakuliah Pemrograman CNC (TU2A dan TU3A) sebagai prasyarat menempuh matakuliah CNC Lanjut. Dalam matakuliah CNC Lanjut ini terdapat faktor pendukung diantaranya memiliki (1) kemampuan mengoperasikan mesin CNC PU2A dan (2) kemampuan memprogram CAD/CAM (Computer Aided Design/Computer Aided Manufacturing) dengan software masterCAM. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara penguasaan matakuliah CAD/CAM (X1) dengan prestasi belajar matakuliah CNC lanjut (Y) (2) penguasaan matakuliah Pemrograman CNC (X2) dengan prestasi belajar matakuliah CNC lanjut (Y) (3) penguasaan matakuliah CAD/CAM dan Pemrograman CNC (X1 dan X2) terhadap prestasi belajar matakuliah CNC lanjut (Y) mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Selanjutnya rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Variabel yang digunakan yaitu X1 (penguasaan matakuliah CAD/CAM) X2 (penguasaan matakuliah Pemrograman CNC) dan Y (Prestasi belajar matakuliah CNC Lanjut). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Universitas Negeri Malang angkatan 2009. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling (sampel bersyarat) syarat yang harus dipenuhi mahasiswa sebelum diambil data yaitu (1) mahasiswa angkatan 2009 yang sudah menempuh dan lulus matakuliah CNC Lanjut (2) mengikuti tes kemampuan teknik (tes mekanik dan tes merakit) dengan hasil kriteria cukup sampai tinggi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar tes/soal dan keterampilan (jobsheet). Lembar tes diuji coba dan kemudian hasilnya dianalisis menggunakan program SPSS 16 for windows. Analisis data penelitian menggunakan uji pearson correlation untuk mengetahui hubungan penguasaan CAD/CAM dan Pemrograman CNC terhadap Prestasi Belajar CNC Lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada korelasi positif yang signifikan antara penguasaan matakuliah CAD/CAM dengan prestasi belajar CNC Lanjut (nilai signifikansi 0 000 945 0 05) (2) Ada korelasi positif yang signifikan antara penguasaan matakuliah Pemrograman CNC dengan prestasi belajar CNC Lanjut (nilai signifikansi 0 000 945 0 05) (3) Ada korelasi positif yang signifikan antara penguasaan matakuliah CAD/CAM dan Pemrograman CNC dengan prestasi belajar CNC Lanjut (nilai signifikansi 0 000 945 0 05).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42445

Actions (login required)

View Item View Item