Perbedaan antara model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan konvensional terhadap keterampilan soft skill siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Blitar / Heru Darmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan antara model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan konvensional terhadap keterampilan soft skill siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Blitar / Heru Darmawan

Darmawan, Heru (2014) Perbedaan antara model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan konvensional terhadap keterampilan soft skill siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Blitar / Heru Darmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Darmawan Heru. 2014. Perbedaan antara Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dengan Konvensional terhadap Keterampilan Soft Skill Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Blitar. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eddy Sutadji M.Pd (II) Drs. H. Sunomo M.Pd. Kata Kunci group investigation (GI) konvensional dan soft skill 12288 12288 12288 12288 Group Investigation (GI) adalah salah satu model pembelajaran kooperatif dimana siswa bebas memilih topik kemudian membentuk kelompok dan menginvestigasi topik tersebut bersama anggota kelompoknya dan membuat laporannya. Selanjutnya setiap kelompok mempresentasikan laporannya untuk dievaluasi bersama. Model pembelajaran konvensional adalah pembelajaran klasikal yang berpusat pada guru dengan metode ceramah tanya jawab dan penugasan. Soft skill merupakan perilaku personal dan interpersonal yang mengembangkan dan memaksimalkan kinerja manusia seperti membangun tim pembuatan keputusan inisiatif dan komunikasi. 12288 12288 12288 12288 Keberhasilan seseorang ditentukan 80 % oleh soft skill dan sisanya 20 % hard skill. Lulusan SMK sebagai calon pekerja dituntut untuk memiliki kompetensi khusus yang sifatnya lebih ke arah soft skill. Di SMK Negeri 1 Blitar kemampuan soft skill masih perlu dikembangkan lagi dengan alasan masih rendahnya keterampilan soft skill siswanya. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran di SMK Negeri 1 Blitar yang masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran di kelas. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif rancangan penelitiannya eksperimen semu sedangkan desain penelitiannya Non-Equivalent Groups Pretest-Posttest Design. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial parametris berupa uji normalitas homogenitas dan uji t. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat keterampilan soft skill dengan penerapan model GI mengalami peningkatan dengan persentase yang cukup tinggi yaitu nilai yang masuk kategori sedang mengalami penurunan sebesar 27 8% nilai yang masuk kategori tinggi meningkat sebesar 22 2% dan nilai yang masuk kategori sangat tinggi mengalami peningkatan sebesar 5 6% serta (2) tingkat keterampilan soft skill dengan penerapan model konvensional hanya mengalami peningkatan dengan persentase yang sedikit yaitu nilai yang masuk kategori sedang hanya mengalami penurunan sebesar 2 7% nilai yang masuk kategori tinggi hanya meningkat sebesar 2 7% dan nilai yang masuk kategori sangat tinggi tetap 2 7%. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan peneliti yaitu ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan soft skill siswa dengan penerapan model GI dan siswa dengan penerapan model konvensional. Perbedaan dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yakni tHitung 2 634 tTabel 1 666 dengan Sig. 0 010 706 0 05. Saran dari peneliti adalah (1) bagi guru hendaknya selalu menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada mata pelajaran teori dan (2) bagi peneliti selanjutnya agar mengujicobakan kombinasi dengan model pembelajaran lain yang lebih variatif dengan materi dan bidang studi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42440

Actions (login required)

View Item View Item