Hubungan persepsi siswa terhadap pelaksanaan program talent scouting guru SMK dengan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran produktif pada program keahlian teknik sepeda motor di SMK Negeri 1 Pujon / Riana Nurmalasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi siswa terhadap pelaksanaan program talent scouting guru SMK dengan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran produktif pada program keahlian teknik sepeda motor di SMK Negeri 1 Pujon / Riana Nurmalasari

Nurmalasari, Riana (2014) Hubungan persepsi siswa terhadap pelaksanaan program talent scouting guru SMK dengan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran produktif pada program keahlian teknik sepeda motor di SMK Negeri 1 Pujon / Riana Nurmalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurmalasari Riana. 2014. Hubungan Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Program Talent Scouting Guru SMK dengan Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif Pada Program Keahlian Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 1 Pujon. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eddy Sutadji M.Pd. (II) Drs. H. Abdul Qolik M.M. M.Pd. Kata Kunci persepsi siswa Talent Scouting Persepsi siswa merupakan salah satu unsur psikologis yang muncul diantara rangsangan dan tanggapan selama siswa melaksanakan proses pembelajaran. Persepsi positif memungkinkan siswa untuk merasa semangat selama proses pembelajaran berlangsung. Seorang pendidik sudah seharusnya memiliki kemampuan untuk membentuk persepsi positif siswa selama pelaksanaan pembelajaran. SMKN 1 Pujon merupakan salah satu sekolah yang termasuk dalam daftar Direktorat P2TK Ditjen Pendidikan Menengah untuk diberikan bantuan tenaga pendidik yang mampu meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran khususnya pada program keahlian Teknik Sepeda Motor. Program perbantuan tenaga pendidik tersebut dikenal dengan istilah Talent Scouting. Diharapkan dengan adanya Talent Scouting kualitas pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran produktif semakin meningkat. Salah satunya yaitu terbentuknya persepsi positif siswa pada pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran produktif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa di awal KBM persepsi siswa di inti PBM dan persepsi siswa di akhir KBM. Selain itu juga untuk mengetahui hubungan pelaksanaan program Talent Scouting Guru SMK dengan persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran produktif pada program keahlian Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 1 Pujon. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Pujon. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat simpulan sebagai berikut. Pertama persepsi siswa di awal KBM termasuk dalam kategori sedang (51 52%). Kedua persepsi siswa di inti PBM termasuk dalam kategori sedang (48 49%). Ketiga persepsi siswa di akhir KBM termasuk dalam kategori tinggi (42 49%). Keempat terdapat hubungan positif yang signifikan antara pelaksanaan program Talent Scouting Guru SMK dengan persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran produktif pada program keahlian Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 1 Pujon (R 0 662 dan sig. 0 000). Saran bagi Universitas Negeri Malang diharapkan dapat meningkatkan program Talent Scouting bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan persepsi positif bagi guru diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas bagi kepala sekolah diharapkan dapat melakukan pengembangan kemampuan guru bagi peneliti selanjutnya diharapkan jika penelitian sejenis ditambah variabel yang lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42433

Actions (login required)

View Item View Item