Efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia untuk pembelajaran teknologi pengecoran beton pada matakuliah teknologi kosntruksi 2 program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Jemmy Regri Ferdianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia untuk pembelajaran teknologi pengecoran beton pada matakuliah teknologi kosntruksi 2 program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Jemmy Regri Ferdianto

Ferdianto, Jemmy Regri (2014) Efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia untuk pembelajaran teknologi pengecoran beton pada matakuliah teknologi kosntruksi 2 program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Jemmy Regri Ferdianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ferdianto Jemmy Regri. 2014. Efektifitas penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Pembelajaran Teknologi Pengecoran Beton Pada Matakuliah Teknologi Konstruksi 2 Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (1) Drs. Mujiyono M.Pd (2) Drs. I Made Oka Mulya M.Pd Kata Kunci Efektifitas media pembelajaran multimedia Teknologi Konstruksi 2 Teknologi konstruksi 2 merupakan salah satu mata kuliah yang disajikan dalam kurikulum dan diajarkan pada program studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Materi yang disajikan pada matakuliah ini merupakan sarat pengetahuan tentang pembaharuan teknologi di bidang struktur tengah dan atas bangunan (upper structure) yang semakin lama semakin rumit dan canggih sehingga diperlukan usaha yang keras dari dosen untuk menyampaikan materi secara efektif efisien dan menarik kepada mahasiswa. Pada kenyataannya berdasarkan hasil survey dan wawancara yang telah dilakukan peneliti terhadap pembelajaran Teknologi Konstruksi 2 adalah (1) pembelajaran Teknologi Konstruksi 2 masih belum memanfaatkan media pembelajaran secara efektif media pembelajaran yang digunakan sebagai alat bantu dalam penyampaian materi pada mata kuliah Teknologi Konstruksi 2 berupa papan tulis dan teknik presentasi dengan menggunakan power point yang masih berupa teks sehingga media pembelajaran yang digunakan tidak menampilkan visualisasi obyek peralatan konstruksi yang disajikan dalam materi. (2) pembelajaran di kelas kurang variatif karena metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional yang meliputi ceramah pemberian tugas dan presentasi sehingga proses pembelajaran kurang menarik dan membuat pembelajar bosan. (3) Hasil observasi diperoleh fakta pembelajaran di dalam kelas adalah ketika dosen meminta mahasiswanya untuk bertanya terhadap materi yang belum jelas para mahasiswa di kelas justru hanya terdiam dan tidak ada yang bertanya. Dari hasil wawancara kepada beberapa mahasiswa mengenai peristiwa tersebut adalah mahasiswa tidak memahami materi yang disampaikan oleh dosen. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Macromedia Flash Profesional 8 untuk membantu pembelajaran Teknologi Pengecoran Beton pada mata kuliah Teknologi Konstruksi 2 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Metode eksperimen yang dipakai dalam penelitian ini termasuk ke dalam quasi eksperimen atau disebut One group eksperimen dengan bentuk One shot case study dimana penelitian yang dilaksanakan melalui pendekatan yang menggunakan pengumpulan data dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis presentase. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata kuliah Teknologi Konstruksi 2 materi teknologi pengecoran beton menunjukkan keberhasilan yang optimal sehingga media pembelajaran ini efektif mempermudah mahasiswa dalam memahami materi. Saran yang diajukan Penelitian ini terbatas hanya pada satu kelompok saja untuk penliti selanjutnya disarankan agar menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42426

Actions (login required)

View Item View Item