Efek perbedaan temperatur perlakuan pack carburizing dan lama waktu penahanan terhadap laju korosi pada baja St 42 yang mengalami pendinginan cepat (quenching) dan pengkorosian oleh HCl 3 M / Aditya Tri Rahardianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Efek perbedaan temperatur perlakuan pack carburizing dan lama waktu penahanan terhadap laju korosi pada baja St 42 yang mengalami pendinginan cepat (quenching) dan pengkorosian oleh HCl 3 M / Aditya Tri Rahardianto

Rahardianto, Aditya Tri (2014) Efek perbedaan temperatur perlakuan pack carburizing dan lama waktu penahanan terhadap laju korosi pada baja St 42 yang mengalami pendinginan cepat (quenching) dan pengkorosian oleh HCl 3 M / Aditya Tri Rahardianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahardianto Aditya T. 2014. Efek Perbedaan Temperatur Perlakuan Pack Carburizing dan Lama Waktu Penahanan terhadap Laju Korosi pada Baja St 42 yang Mengalami Pendinginan Cepat (Quenching) dan Pengkorosian Oleh HCl 3 M. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Siswanto M.A. (II) Rr. Poppy Puspitasari S.Pd M.T. Ph.D. Kata Kunci Temperatur Pack Carburizing Lama Waktu Penahanan (Holding Time) Laju Korosi Baja St 42 merupakan baja yang digunakan sebagai konstruksi mesin misalnya saja untuk poros transmisi roda gigi dan mur baut. Pada kondisi operasinya komponen permesinan mempunyai kelemahan yaitu nilai kekerasan yang rendah sehingga mengakibatkan kegagalan dalam proses operasinya. Jenis kegagalan yang sering terjadi adalah keausan deformasi sobek dan pecah. Salah satu cara untuk mengurangi terjadinya kegagalan pada komponen tersebut adalah dengan perlakuan panas carburizing. Selama ini proses carburizing hanya bertujuan untuk mendapatkan sifat mekanik yang diinginkan yaitu sifat kekerasan permukaan (case hardening) akan tetapi akibat perlakuan tersebut terhadap laju korosi kurang mendapat perhatian padahal korosi merupakan musuh besar bagi logam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui laju korosi akibat dari perlakuan panas (heat treatment) karburasi (pack carburizing) dengan temperatur pemanasan dan lama penahanan (holding time) yang berbeda-beda diharapkan nantinya dapat menemukan perlakuan panas pack carburizing dengan temperatur dan lama penahanan yang tepat sehingga dapat menurunkan laju korosi baja St 42. Dari hasil penelitian perlakuan panas carburizing dengan holding time 30 menit akan meningkatkan laju korosi pada baja St 42 dibandingkan dengan laju korosi baja St 42 yang tanpa perlakuan. Laju korosi pada baja St 42 tanpa perlakuan dibandingkan dengan perlakuan carburizing temperatur 850 C terjadi peningkatan sebesar 15 4% yaitu dari 0 4157 ipy menjadi 0 4797 ipy. Peningkatan ini mencapai puncaknya pada temperatur 950 C yaitu menjadi 0 5221 ipy sedangkan pada holding 90 menit juga meningkatkan laju korosi dimana laju korosi pada baja St 42 tanpa perlakuan dibandingkan dengan perlakuan carburizing temperatur 850 C terjadi peningkatan sebesar 8 3% yaitu dari 0 4157 ipy menjadi 0 4502 ipy. Peningkatan ini mencapai puncaknya pada temperatur 950 C yaitu menjadi 0 5097 ipy. Berdasarkan hasil diatas perlakuan panas pack carburizing dapat mempercepat laju korosi baja St 42 seiring dengan kenaikan temperatur pemanasannya dibandingkan dengan baja St 42 yang tanpa perlakuan sedangkan lama waktu penahanan mempengaruhi persentase kenaikan laju korosi semakin lama waktu penahanan persentase kenaikkan laju korosi akan turun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42425

Actions (login required)

View Item View Item