Pengaruh pemberian metode ceramah dan metode demontrasi yang diterapkan melalui tugas individu dan kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kerja las kelas X TPMI di SMKN 1 Singosari / Ferry Dwi Fitrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemberian metode ceramah dan metode demontrasi yang diterapkan melalui tugas individu dan kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kerja las kelas X TPMI di SMKN 1 Singosari / Ferry Dwi Fitrianto

Fitrianto, Ferry Dwi (2014) Pengaruh pemberian metode ceramah dan metode demontrasi yang diterapkan melalui tugas individu dan kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kerja las kelas X TPMI di SMKN 1 Singosari / Ferry Dwi Fitrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dwi Fitrianto Ferry. 2013. Pengaruh Pemberian Metode Ceramah dan Metode Demonstrasi yang Diterapkan Melalui Tugas Individu dan Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kerja Las Kelas X TPMI di SMKN 1 Singosari. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Widiyanti M. Pd (II) Drs. Djonni Bangun M. Pd. Kata Kunci metode ceramah metode demonstrasi hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Metode ceramah dan demonstrasi merupakan metode yang sudah lama dikenal semua orang. Berdasarkan pengamatan di lapangan meskipun metode ini metode yang lama akan tetapi tetap banyak guru yang masih menggunakannya dikarenakan kedua metode ini mudah untuk dipraktikkan. Dengan menggunakan kedua metode tersebut guru biasanya dapat berinovasi mengunakan berbagai banyak penugasan kepada siswa di antaranya tugas individu dan tugas kelompok. Hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh metode yang digunakan guru saat proses pembelajaran di kelas oleh karena itu guru dituntut lebih jeli dalam menggunakan metode pembelajaran. Bahan pertimbangan yang harus digunakan guru saat memilih metode pembelajaran adalah kelengkapan sarana dan prasarana kondisi siswa dan kurikulum yang berlaku di sekolah. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dirancang sebagai penelitian One-Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TPMI SMKN 1 Singosari tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah total sampling sehingga diperoleh kelas X TPMI 1 sebagai kelas subjek 1 dan kelas X TPMI 2 sebagai subjek 2. Pemberian metode ceramah dengan menerapkan tugas individu dan kelompok pada kelas subjek 1 sedangkan pada kelas subjek 2 diberi metode demonstrasi dengan menerapkan tugas individu dan kelompok. Instrumen tes diuji coba dan kemudian hasilnya dianalisis menggunakan progam SPSS 16 for windows hasil uji validitas 35 butir soal didapatkan rhitung rtabel 25 soal dan rhitung rtabel 10 soal sehingga didapatkan 25 butir soal valid. Hasil uji reliabilitas didapatkan nilai 945 (0 737) rtabel (0 444) menunjukkan bahwa soal tes reliabel. Analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar tugas individu dengan hasil belajar tugas kelompok di masing-masing kelas menggunakan signifikansi 945 0 05. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang diberikan metode ceramah dengan menerapkan tugas kelompok lebih bagus nilainya daripada tugas individu. Hal ini ditunjukkan dengan uji-t dengan menggunakan SPSS for windows untuk tugas individu nilai rata-rata (83 38) dan tugas kelompok nilai rata-rata (88 44) sedangkan siswa yang diberikan metode demonstrasi dengan menerapkan tugas kelompok lebih bagus nilainya daripada tugas individu. Pernyataan ini ditunjukkan dengan uji-t untuk tugas individu nilai rata-rata (75 90) dan tugas kelompok nilai rata-rata (82 57) di mana semua uji-t didapatkan p-value 0 000 sig 0 05. Hasil penelitian juga menunjukkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah dan demonstrasi. Secara keseluruhan didapatkan rata-rata (79 24) untuk metode ceramah sedangkan untuk metode demonstrasi (85 91) dengan didapatkan p-value 0 010 sig 0 05. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pada mata pelajaran kerja las siswa kelas X TPMI SMKN 1 Singosari antara yang menggunakan metode ceramah yang diterapkan melalui tugas individu dengan yang diterapkan tugas kelompok dan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pada mata pelajaran kerja las siswa kelas X TPMI SMKN 1 Singosari antara yang menggunakan metode demonstrasi yang diterapkan melalui tugas individu dengan yang diterapkan tugas kelompok serta terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pada mata pelajaran kerja las siswa kelas X TPMI SMKN 1 Singosari antara yang menggunakan metode ceramah dengan yang menggunakan metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42422

Actions (login required)

View Item View Item