Hubungan penerapan apersepsi dengan pemahaman dan respon siswa pada pembelajaran Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK se Kabupaten Jombang / Denis Nasrullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan penerapan apersepsi dengan pemahaman dan respon siswa pada pembelajaran Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK se Kabupaten Jombang / Denis Nasrullah

Nasrullah, Denis (2014) Hubungan penerapan apersepsi dengan pemahaman dan respon siswa pada pembelajaran Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK se Kabupaten Jombang / Denis Nasrullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nasrullah Denis. 2014. Hubungan Penerapan Apersepsi dengan Pemahaman dan Respon Siswa pada Pembelajaran Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Se Kabupaten Jombang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Partono M.Pd (2) Didik Nurhadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci penerapan apersepsi pemahaman siswa respon siswa 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Peranan apersepsi sangat penting karena membuat siswa untuk lebih antusias semangat dan mempunyai kualitas respon yang tinggi dalam awal pembelajaran. Namun berdasarkan observasi peneliti cenderung guru menekankan pada kegiatan inti pembelajaran sehingga materi tersebut sukar dipahami oleh siswa dengan tidak merespon pembelajaran dengan baik. Hal ini karena guru kurang memperhatikan penerapan apersepsi diawal pembelajaran. Guna mengetahui hubungan apersepsi dengan pemahaman dan respon siswa pada pembelajaran teknik pemesinan maka dilakukan penelitian ini. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional yang dilaksanakan di SMK se Kabupaten Jombang. Responden yang digunakan sebanyak 56 responden dengan menggunakan teknik stratified random sampling dari populasi siswa jurusan teknik pemesinan di SMKN 3 SMK PGRI 2 dan SMK DB 1 yang ada di Kabupaten Jombang. Teknik analisis yang digunakan adalah dekriptif korelasi parsial dan korelasi ganda. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan apersepsi (X) dalam kategori baik sebesar 55 4% dengan dikualifikasikan indikator variabel penerapan apersepsi yaitu gaya mengajar guru pemberian kaitan dan pemberian motivasi (2) pemahaman siswa (Y1) dalam kategori baik sebesar 82 1% dengan dikualifikasikan indikator variabel pemahaman siswa yaitu minat siswa perhatian siswa dan ketertarikan siswa (3) respon siswa (Y2) dalam kategori baik sebesar 58 93% dengan dikualifikasikan indikator variabel respon siswa yaitu keantusiasan siswa konsentrasi siswa dan penerapan teori pada praktikum (4) ada hubungan yang signifikan penerapan apersepsi guru dengan pemahaman siswa pada pembelajaran program keahlian teknik permesinan dengan ditunjukkan nilai r 0 326 (5) ada hubungan yang signifikan penerapan apersepsi guru dengan respon siswa pada pembelajaran program keahlian teknik pemesinan dengan nilai r 0 339 serta (6) ada hubungan positif dan signifikan antara apersepsi siswa dengan pemahaman dan respon siswa pada pembelajaran program keahlian teknik pemesinan SMK se Kabupaten Jombang dengan nilai R 0 665. Saran penelitian ini diberikan kepada guru program keahlian teknik pemesinan di SMKN 3 SMK PGRI 2 dan SMK DB 1 yang ada di Kabupaten Jombang untuk lebih baik merancang apersepsi pada tahap awal pembelajaran agar siswa dapat belajar dengan baik dan mempunyai motivasi dalam memahami pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42420

Actions (login required)

View Item View Item