Analisis hambatan pengelolaan kelas yang dihadapi mahasiswa PPL Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang di SMK Kota Malang / Anna Chrystiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis hambatan pengelolaan kelas yang dihadapi mahasiswa PPL Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang di SMK Kota Malang / Anna Chrystiana

Chrystiana, Anna (2014) Analisis hambatan pengelolaan kelas yang dihadapi mahasiswa PPL Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang di SMK Kota Malang / Anna Chrystiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Chrystiana Anna. 2013. Analisis Hambatan Pengelolaan Kelas Yang Dihadapi Mahasiswa PPL Jurusan Teknik Mesin Fakultas teknik Universitas Negeri Malang Di SMK Kota Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Yoto M.Pd. M.M (II) Drs. Wahono S.ST. M.Pd. Kata Kunci Hambatan Pengelolaan Kelas PPL. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi terhadap mahasiswa PPL Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang masih mengalami banyak hambatan dalam melaksanakan PPL di sekolah-sekolah SMK. Hambatan tersebut antara lain kurangnya persiapan mahasiswa PPL sebelum melaksanakan praktik mengajar sulitnya mengatur peserta didik saat mengajar kurangnya fasilitas media pengajaran sulitnya pengaturan ruang kelas dll. Hal ini dikarenakan masih kurangnya pengalaman mahasiswa PPL Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang dalam hal pengelolaan kelas di lapangan dan persiapan sebelum melaksanakan praktik mengajar sehingga pengalaman yang didapatkan dalam praktik mengajar tidak dapat diperoleh secara maksimal. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode survei. Subjek penelitian yaitu mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang angkatan 2009 sebanyak 76 mahasiswa. Pengambilan data menggunakan angket yang berkaitan dengan hambatan pengelolaan kelas yang dihadapi mahasiswa dalam melaksanakan PPL. Selanjutnya analisis data dengan menghitung persentase jawaban responden. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PPL mengalami hambatan pada kegiatan pengelolaan kelas pengaturan siswa (1) tingkah laku siswa sebanyak 100% (2) kedisiplinan siswa 92 1% (3) minat/perhatian siswa 94 7% (4) gairah belajar siswa 98 7% (5) dinamika kelompok 92 1% (6) mengumpulkan hasil pekerjaan siswa 73 7% (7) memberikan tugas/PR kepada siswa 84 2% (8) menyampaikan materi pelajaran kepada siswa 98 7%. Faktor yang mempengaruhi pengelolaan kelas dari kelas kondisi fisik (1) ruang kelas tempat belajar siswa 90 8% (2) pengaturan tempat duduk siswa 97 4% (3) ventilasi dan cahaya ruang kelas 96 1% (4) media/sumber pengajaran 94 7% (5) pengaturan penyimpanan barang-barang 100% sedangkan dari faktor kondisi sosio-emosional (1) tipe kepemimpinan 98 7% (2) pembinaan hubungan baik 97 4%. Prinsip pengelolaan kelas memberikan sifat hangat dan antusias terhadap siswa 96 1% memberikan tantangan terhadap siswa 100% memberikan hal-hal yang positif terhadap siswa 100% penanaman disiplin diri terhadap siswa 96 1%. Komponen keterampilan pengelolaan kelas (1) sikap tanggap terhadap siswa 92 1% (2) membagi perhatian terhadap siswa 92 1% (3) memusatkan perhatian kelompok 73 7% (4) memberikan petunjuk-petunjuk yang jelas ketika siswa mengalami kesulitan 84 2% (5) menegur siswa ketika melakukan pelanggaran 98 7% (6) memberikan penguatan terhadap siswa 90 8%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian tersebut disarankan (1) Bagi mahasiswa PPL hendaknya lebih siap dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar baik dari segi materi maupun metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar sehingga tercipta kelas yang optimal berusaha meningkatkan hubungan dan kerjasama dengan siswa melalui sistem pengajaran yang efektif (2) Bagi guru pamong dalam membimbing mahasiswa PPL hendaknya lebih intensif dalam proses bimbingan terutama dalam hal pengelolaan kelas (3) Bagi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang hendaknya juga memberikan pengajaran dalam bidang pengetahuan tata cara pengajaran tidak hanya memberikan teori tentang mata pelajaran saja (4) Bagi peneliti berikutnya penelitian ini masih terbatas pada deskriptif hambatan dalam pengelolaan kelas oleh karena itu perlu adanya penelitian lebih lanjut lagi pada masalah-masalah yang dihadapi oleh mahasiswa PPL dalam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42418

Actions (login required)

View Item View Item