Pengaruh penggunaan kapasitor bank (digital power blazzing) terhadap konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan terhadap emisi gas buang pada mesin kendaraan motor bensin 4 tak / Ray Sandy Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan kapasitor bank (digital power blazzing) terhadap konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan terhadap emisi gas buang pada mesin kendaraan motor bensin 4 tak / Ray Sandy Setiawan

Setiawan, Ray Sandy (2014) Pengaruh penggunaan kapasitor bank (digital power blazzing) terhadap konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan terhadap emisi gas buang pada mesin kendaraan motor bensin 4 tak / Ray Sandy Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sandy Setiawan R. 2013. Pengaruh Penggunaan Kapasitor Bank (Digital Power Blazzing) Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Terhadap Emisi Gas Buang Pada Kendaraan Motor Bensin 4 TAK. Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Sudjono S.T. M.T (II) Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. Kata Kunci Digital Power Blazzing Bahan Bakar Minyak Emisi Gas Buang Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pada konsumsi bahan bakar antara yang menggunakan digital power blazzing dengan yang tidak menggunakan digital power blazzing pada kendaraan motor bensin Suzuki Satria FU 150. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh produksi emisi gas buang CO dan HC pada motor Suzuki Satria FU 150 yang menggunakan digital power blazzing dengan yang tidak menggunakan digital power blazzing. Penelitian untuk konsumsi bahan bakar dan produksi emisi gas buang ini dilaksanakan di laboratorium Suzuki Universitas Negeri Malang Jalan Surabaya no 6 Malang pada tanggal 26 Juli 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Analisis data penelitian yang digunakan adalah uji beda menggunakan Uji T One Sample Kolmogorov-Smirnov Test dan Paired Sample Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata konsumsi bahan bakar sepeda motor yang menggunaan digital power blazzing lebih cepat dalam hitungan waktu yaitu sebesar ( 38 2 detik / 5 ml ) dari pada yang tidak menggunakan digital power blazzing ( 39 6 detik / 5 ml ). Hal ini menunjukkan bahwa motor yang menggunakan digital power blazzing lebih boros bahan bakar dengan yang tidak menggunakan digital power blazzing. Rata-rata kadar CO pada emisi gas buang motor yang menggunakan digital power blazzing lebih tinggi yaitu sebesar ( 2 89 % ) dari pada yang tidak menggunakan ( 2 13 % ). Hal ini membuktikan bahwa motor yang menggunakan digital power blazzing justru dapat menambah tingkat pencemaran udara oleh gas CO pada lingkungan akibat emisi gas buang. Rata-rata kadar HC pada emisi gas buang motor yang menggunakan digital power blazzing lebih tinggi yaitu sebesar ( 91 33 ppm ) dari pada yang tidak menggunakan ( 75 99 ppm ). Hal ini membuktikan bahwa motor yang menggunakan digital power blazzing justru dapat menambah tingkat pencemaran udara oleh gas HC pada lingkungan akibat emisi gas buang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Digital Power Blazzing pada kendaraan motor bensin tidak ada pengaruhnya lebih cenderung mengurangi efisiensi konsumsi bahan bakar dan dapat meningkatkan jumlah kadar emisi gas buang yang ada yaitu gas CO dan HC. Dengan demikian dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya penggunaan digital power blazzing terhadap motor bensin dengan kapasitas mesin diatas 150cc atau dibawah 150cc untuk meningkatkan torsi mesin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42414

Actions (login required)

View Item View Item