Pengembangan dan penerapan modul dengan video tutorial pada mata pelajaran CAM dengan software Mastercam X4 pada siswa Teknik Pemesinan SMK Nasional Malang / Denny Wahyu Ghozali - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan dan penerapan modul dengan video tutorial pada mata pelajaran CAM dengan software Mastercam X4 pada siswa Teknik Pemesinan SMK Nasional Malang / Denny Wahyu Ghozali

Ghozali, Denny Wahyu (2014) Pengembangan dan penerapan modul dengan video tutorial pada mata pelajaran CAM dengan software Mastercam X4 pada siswa Teknik Pemesinan SMK Nasional Malang / Denny Wahyu Ghozali. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ghozali Denny Wahyu. 2013. Pengembangan dan Penerapan Modul dengan Video Tutorial pada Matapelajaran CAM dengan Softtware Mastercam X4 pada Siswa Teknik Pemesinan SMK Nasional Malang. Skipsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H Sunomo M.Pd. dan (II) Drs. Imam Sudjono M.T Kata Kunci Pengembangan modul video tutorial danCAM SMK Nasional Malang adalah salahsatu SMK yang sudah menjadikan CAM sebagai matadiklat pada jurusan Teknik Pemesinan. Saat ini kegiatan belajar mengajar matadiklat CAM berlangsung dilaksanakan masih dengan metode pembelajaran ceramah dengan menggunakan media video presentasi dengan guru menerangkan siswa mencatat kemudian mempraktekannya.Oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran yang dapat menunjang untuk meningkatkan mempermudah dan mendukung pemahaman Siswa dalam mempelajari materi yang dikaji dalam matadiklat CAM. Pengembangan produk bertujuan untuk 1) Membuat modul matapelajran CAM. 2) Membuat Video Tutorial matapelajran CAM..CAMadalah kependekan dari Computer Aided Manufacturing. Artinya proses manufaktur yang dibantu oleh komputer. CAM ini berhubungan erat dengan istilah yang namanya NC Numerical Control. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan menurut Sugiyono dengan pengembangan tersebut memenuhi kriteria validitas pengujian pada ahli materi ahli media uji coba produk dan ujicoba pemakai. Adapun langkah-langkah penelitian dan pengembangan adalah sebagai berikut pencarian potensi dan masalah pengumpulan data pembuatan desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk uji coba produk revisi produk dan produksi masal. Pada pembelajaran CAM SMK Nasional Malang ditemukan beberapa kondisi yang tidak sesuai dengan harapan guru selain itu didapat pula bahwa silabus dan jobsheet yang digunakan untuk latihan siswa dapat didayagunakan untuk dikembangkan menjadi modul dan video tutorial. Modul dan video tutorial dikembangkan kemudian di validasi lalu di ujicoba. Didapat data dari validasi ahli media yaitu 87% ahli materi 96% kemudian pada ujicoba produk didapat dapat 88% dan dari ujicoba pemakaian 88%. Dari data validasi dan ujicoba modul dan video tutorial yang dikembangkan masuk dalam kategori valid sehingga produk dapat diproduksi masal. Pada penerapannya modul dan video tutorial yang dikembangkan mendapat respon positif dari guru. Dampak dari media yang dikembangkan pada siswa adalah kenaikan rata-rata nilai pada ulangan harian dibanding ulangan harian sebelumnya yang belum menggunakan modul dan video tutorial. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa 1) modul pembelajaran dan video tutorial CAM yang telah teruji/ berkualitas menurut ahli media ahli materi dan kelompok uji coba menyatakan modul dapat dipahami dan dilaksanakan sehingga dapat digunakan sebagai media dalam membantu proses pembelajaran CAM. Kualitas modul menurut siswa dapat dipahami dan menyatakan modul baik digunakan dalam proses belajar mengajar pada Matapelajaran CAM 2) pencapaian hasil validasi dan uji coba mendapat presentase valid sehingga layak digunakan untuk bahan ajar dan dapat diproduksi masal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42412

Actions (login required)

View Item View Item