Haryati, Lina (2022) Hubungan antara Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam pembelajaran jarak jauh dan kinerja guru sekolah dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan pada September 2021 di 8 Sekolah Dasar Negeri Bandar Lampung, terdapat permasalahan dalam kinerja guru, baik dari segi perencanaan pembelajaran serta pelaksanaannya. Berdasarkan permasalahan yang terkait dengan menurunnya kinerja guru, sekolah dan para guru telah melakukan upaya-upaya dalam memperbaiki kinerja guru. Dari permasalahan dalam kegiatan perencanaan pembelajaran, upaya yang telah dilakukan yaitu melakukan komunikasi terkait hambatan yang ditemui guru, adanya sosialisasi perubahan rencana pembelajaran, monitoring, motivasi, serta supervisi akademik. Sedangkan upaya dalam mengatasi permasalahan pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan adanya pemantauan dalam pembelajaran daring, serta melakukan IHT terkait Google Classroom sebagai media pembelajaran daring. Selain itu, pembentukan tim khusus guna mengontrol siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran daring. Dan juga melakukan pelatihan aplikasi pembelajaran daring seperti google meet, google team, google form dan zoom serta ditindaklanjuti dengan supervisi individual yang dapat meningkatkan kompetensi IT guru untuk memanfaatkan media daring dalam penerapan pembelajaran jarak jauh menggunakan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan: 1) hubungan antara Technological Knowledge (TK) dalam Technological Pedagogical Content Knowlegde (TPACK) dalam pembelajaran jarak jauh dengan kinerja guru, 2) hubungan antara Content Knowledge (CK) dalam Technological Pedagogical Content Knowlegde (TPACK) dalam pembelajaran jarak jauh dengan kinerja guru, dan 3) hubungan antara Pedagogical Knowledge (PK) dalam Technological Pedagogical Content Knowlegde (TPACK) dalam pembelajaran jarak jauh dengan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 110 orang, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 86 responden yang didapatkan dari rumus slovin. Instrumen penelitian ini berbentuk kuesioner dengan menggunakan skala likert. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas, uji regresi ganda dan uji hipotesis yakni uji F serta koefisien determinasi. Hasil dalam penelitian ini adalah: 1) koefisien regresi variabel Technological Knowledge (X1) sebesar 0.303. Artinya Technological Knowledge memiliki hubungan positif terhadap Kinerja Guru. 2) koefisien regresi variabel Content Knowledge (X2) sebesar 0.514. Artinya Content Knowledge memiliki hubungan positif terhadap Kinerja Guru. 3) koefisien regresi variabel Pedagogical Knowledge (X3) sebesar 0.382. Artinya Pedagogical Knowledge memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru. Dan 4) didapatkan hasil dari uji statistik F didapatkan nilai statistic f hitung 64.544 dan nilai signifikasi 0,000 sehingga Ho ditolak yang mana dapat disimpulkan bahwa Technological Knowledge, Content Knowledge dan Pedagogical Knowledge terhadap Kinerja Guru adalah memiliki hubungan secara simultan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), Pembelajaran Jarak Jauh, Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | mr magang UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:30 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:30 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4241 |
Actions (login required)
View Item |