Perbedaan laju dan bentuk korosi pada baja St 37 yang dilapisi krom dan krom berdasar lapisan nikel yang di expose dalam media air laut / Gogot Priyandoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan laju dan bentuk korosi pada baja St 37 yang dilapisi krom dan krom berdasar lapisan nikel yang di expose dalam media air laut / Gogot Priyandoko

Priyandoko, Gogot (2013) Perbedaan laju dan bentuk korosi pada baja St 37 yang dilapisi krom dan krom berdasar lapisan nikel yang di expose dalam media air laut / Gogot Priyandoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Priyandoko Gogot. 2013. Perbedaan Laju dan Bentuk Korosi pada Baja St 37 yang Dilapisi Krom dan Krom Berdasar Lapisan Nikel yang di Expose dalam Media Air Laut. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahono S.ST. M.Pd. (II) Hj. Dra. Widiyanti M.Pd. Kata Kunci Korosi Baja St 37 Air Laut Laju Korosi Krom dan Nikel Salah satu cara dari finishing logam yang banyak diterapkan adalah electroplating. Electroplating atau dapat disebut pelapisan adalah elektrodeposisi pelapis/coating logam melekat ke elektroda untuk menjaga substrat dengan memberikan permukaan dengan sifat dan dimensi berbeda daripada logam basisnya tersebut. Baja St 37 adalah baja yang paling banyak digunakan dalam dunia industri perpipaan. Apabila permukaan baja St 37 yang digunakan untuk saluran perpipaan bawah laut dilapisi dengan krom atau krom berdasar lapisan nikel. Didefinisikan kemungkinan terjadinya laju korosi bisa diperlambat sehingga pipa tersebut bisa bertahan dalam rentan waktu yang cukup lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan laju korosi pada baja St 37 yang dilapisi krom dan krom berdasar lapisan nikel yang di expose dalam media air laut menggunakan waktu 10 hari 15 hari dan 20 hari. (2) perbedaan bentuk korosi pada baja St 37 yang dilapisi krom dan krom berdasar lapisan nikel yang di expose dalam media air laut menggunakan waktu 10 hari 15 hari dan 20 hari. Berdasarkan data yang diperoleh penelitian ini termasuk penelitian deskriptif-kuantitatif sehingga data-data yang diperoleh dalam penelitian ini setelah dilakukan perlakuan dari hasil pengujian berupa angka-angka laju korosi dan gambar-gambar bentuk korosi. Berdasarkan permasalahan yang diteliti maka penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen karena penelitian ini berusaha untuk menemukan ada tidaknya perbedaan laju dan bentuk korosi pada Baja St 37 yang dilapisi krom dan krom berdasar lapisan nikel yang di expose dalam media air laut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) laju korosi Fe-Cr yang di expose dalam media air laut selama 10 hari 15 hari dan 20 hari lebih besar daripada laju korosi Fe-Ni-Cr dengan nilai laju korosi antara 0 8566678 x 10-5 - 3 373296 x 10-5 mpy dan semakin lama waktu expose maka laju korosi Fe-Cr dan Fe-Ni-Cr semakin besar. (2) bentuk korosi Fe-Cr yang di expose dalam media air laut selama 10 hari 15 hari dan 20 hari adalah korosi merata korosi sumur korosi galvanik dan korosi intergranular sedangkan Fe-Ni-Cr hanya korosi merata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42404

Actions (login required)

View Item View Item