Perbedaan motivasi belajar, efektivitas pembelajaran, dengan menggunakan media cetak dan elektronik pada mata diklat dasar kompetensi keahlian siswa kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Trenggalek / Eka Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan motivasi belajar, efektivitas pembelajaran, dengan menggunakan media cetak dan elektronik pada mata diklat dasar kompetensi keahlian siswa kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Trenggalek / Eka Susanto

Susanto, Eka (2013) Perbedaan motivasi belajar, efektivitas pembelajaran, dengan menggunakan media cetak dan elektronik pada mata diklat dasar kompetensi keahlian siswa kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Trenggalek / Eka Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Susanto Eka. 2013. Perbedaan Motivasi Belajar Efektivitas Pembelajaran dengan Menggunakan Media Cetak dan Elektronik pada Mata Diklat Pembelajaran Dasar Kompetensi Keahlian Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin Di SMK Negeri 1 Trenggalek. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Widiyanti M.Pd. dan (II) Drs. Basuki M.Pd. Kata Kunci Motivasi Belajar Efektifitas Pembelajaran Media Cetak dan Elektronik Dasar Kompetensi Keahlian. 12288 12288 12288 12288 Dasar Kompetensi Kejuruan (DKK) adalah salah satu mata pelajaran teknik yang model pembelajaranya menekankan pada mencari dan memahami secara sistematis. Pelaksanaan pembelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan (DKK) yang dilaksanakan saat ini masih banyak dengan model pembelajaran ceramah dan tanya jawab dengan menggunakan media buku. Cara mengajar seperti itu cenderung membuat siswa tidak memperhatikan penjelasan guru karena konsentrasi yang terpecah mengingat mata pelajaran ini bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan motivasi dan efektivitas belajar siswa antara siswa yang belajar dengan menggunakan media cetak dan siswa yang belajar dengan media elektronik pada mata diklat Dasar Kompetensi Kejuruan (DKK) siswa kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMKN 1 Trenggalek. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (quasy experimental design). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji hipotesis yang telah disusun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Pemesinan SMKN 1 Trenggalek. Dari populasi di atas kemudian dipilih beberapa peserta didik untuk dijadikan sampel. Penarikan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian ini berupa kesimpulan yaitu Terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan media cetak dengan siswa yang diajar dengan menggunakan media elektronik pada mata diklat Dasar Kompetensi Kejuruan (DKK) siswa kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMKN 1 Trenggalek. Terdapat perbedaan efektivitas pembelajaran antara siswa yang diajar dengan menggunakan media cetak dengan siswa yang diajar dengan menggunakan media elektronik pada mata diklat Dasar Kompetensi Kejuruan (DKK) siswa kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMKN 1 Trenggalek. 12288 12288 12288 12288 Disarankan kepada lembaga pendidikan atau sekolah agar lebih banyak menerapkan penggunaan media pembelajaran elektronik antara lain LCD Projektor agar dapat meningkatkan efektivitas dan motivasi belajar siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42400

Actions (login required)

View Item View Item