Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan tata surya di MTsN Model Trenggalek / Galih Bekti Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan tata surya di MTsN Model Trenggalek / Galih Bekti Kurniawan

Kurniawan, Galih Bekti (2013) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan tata surya di MTsN Model Trenggalek / Galih Bekti Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurniawan Galih Bekti. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan Tata Surya Di MTsN Model Trenggalek Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H.Sulton M. Pd (II) Arafah Husna S.Pd M.Med.Kom Kata Kunci Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Multimedia merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Multimedia itu sendiri adalah suatu media atau aplikasi yang penggunaannya menggunakan bantuan komputer dan menggabungkan beberapa elemen atau unsur yang terdiri dari text audio gambar animasi dan video. Sedangkan pembelajaran diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Multimedia pembelajaran interaktif merupakan suatu media yang dikembangkan untuk membantu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran ini nantinya akan melibatkan media dan siswa itu sendiri. Hal yang melandasi dari pengembangan media interaktif ini yaitu pembelajaran yang konvensional yang tidak dapat memenuhi kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan dari pengembangan yaitu untuk menghasilkan suatu produk media yang valid dalam pembelajaran interaktif yang dikemas menarik dalam bentuk CD Interaktif untuk mata pelajaran Ilmu Pengatahuan Alam SMP/MTs Kelas IX yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran. Sehingga diharapkan dengan adanya produk ini siswa menjadi lebih termotivasi dalam memahami pelajaran dan dapat menigkatkan hasil belajar. Subyek penelitian dalam uji coba pengembangan ini adalah siswa kelas IX Semester II di MTsN Model Trenggalek. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang diperoleh dari validasi ahli media ahli materi dan siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Media ini divalidasi oleh ahli materi sebanyak 1 orang ahli media sebanyak 2 orang dan audiens sebanyak 28 orang. Setelah dianalisis hasil validasi dari media pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli media 96 6% ahli materi 97 5% siswa individual 89 1% siswa kelompok kecil 92 4%. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran interaktif ini sangat memberikan efek yang positif dalam peningkatan hasil belajar dan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini efektif digunakan siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Berdasarkan hasil penelitian ini disaran agar pihak sekolah lebih meningkatkan penggunaan pembelajaran interaktif sebagai media utama maupun media tambahan dalam kegiatan pembelajaran karena media pembelajaran interaktif ini sudah terbukti sangat efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item View Item