Studi analisis ketercapaian pelakasanaan pem,belajaran Praktik Pengalkaman Lapangan (PPL) Prodi Pendidikan Teknik Mesin berdasarkan ketercapaian standar kompetensi ditinjau dari persepsi guru SMK di Kota Malang / Agus Afandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi analisis ketercapaian pelakasanaan pem,belajaran Praktik Pengalkaman Lapangan (PPL) Prodi Pendidikan Teknik Mesin berdasarkan ketercapaian standar kompetensi ditinjau dari persepsi guru SMK di Kota Malang / Agus Afandi

Afandi, Agus (2013) Studi analisis ketercapaian pelakasanaan pem,belajaran Praktik Pengalkaman Lapangan (PPL) Prodi Pendidikan Teknik Mesin berdasarkan ketercapaian standar kompetensi ditinjau dari persepsi guru SMK di Kota Malang / Agus Afandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Afandi Agus. 2013. Studi Analisis Ketercapain Pelaksanaan Pembelajaran Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Pendidikan Teknik Mesin Berdasarkan Ketercapaian Standar Kompetensi Ditinjau dari Persepsi Guru SMK di Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eddy Sutadji M.Pd (II) Drs. Basuki M.Pd. Kata Kunci Studi analisis ketercapaian pelaksanaan PPL persepsi guru pamong 12288 12288 12288 12288 Studi analisis terhadap Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat ketercapaian pelaksanaan PPL yang meliputi (1) perencanaan pembelajaran (2) pelaksanaan pembelajaran (3) evaluasi pembelajaran dan (4) profesionalitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesenjangan yang terjadi berdasarkan persepsi guru SMK terhadap praktik mengajar pada pelaksanaan PPL mahasiswa Prodi PTM Universitas Negeri Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuntitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pamong SMK Teknik Pemesinan di kota Malang yang terdiri dari 15 guru. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah persepsi guru pamong SMK Teknik Pemesinan terhadap kinerja praktik mengajar pada pelaksanaan PPL Prodi PTM. Instrumen pengumpul data pada penelitian ini adalah angket (kuesioner). Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian dari analisis deskriptif persentase diperoleh rata-rata untuk perencanaan pembelajaran (58%) guru pamong menyatakan kurang tercapai untuk pelaksanaan pembelajaran (52%) guru pamong menyatakan tidak tercapai untuk evaluasi pembelajaran (56%) menyatakan kurang tercapai untuk profesionalitas mahasiswa PPL yang meliputi empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik (63%) guru pamong menyatakan kurang tercapai kompetensi kepribadian (61%) guru pamong menyatakan kurang tercapai kompetensi profesional (64%) guru pamong menyatakan kurang tercapai dan kompetensi sosial (67%) guru pamong menyatakan tercapai. Berarti secara keseluruhan ketercapaian pelaksanaan PPL oleh mahasiswa Prodi PTM dirasa masih sangat kurang tercapai. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan tersebut maka diberikan beberapa saran yaitu (1) bagi mahasiswa PPL agar lebih meningkatkan lagi tentang aspek-aspek pembelajaran dan lebih memanfaatkan dengan efektif pelaksanaan microteaching di kampus untuk memantapkan ketercapaian pembelajaran (2) bagi guru pamong harus lebih memberikan pemahaman kepada mahasiswa secara seimbang antara teori dan praktiknya agar mahasiswa dapat memahami dan menguasai terhadap apa yang akan dilakukan selama PPL (3) bagi pihak penyelenggara PPL dalam menyusun program pembekalan PPL agar lebih berkala dan lebih intensif dalam melakukan kontrol terhadap pelaksanaan PPL dan (4) bagi dosen Teknik Mesin lebih meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan dengan cara lebih meningkatkan pengetahuan materi ajar kepada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42395

Actions (login required)

View Item View Item