Wiyono, Untung (2023) Hubungan antara keterampilan koping dan dukungan sosial dengan resilensi akademik mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Satyabhakti Malang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Resiliensi akademik penting bagi setiap mahasiswa, khususnya mahasiswa tingkat awal yang sedang memasuki masa transisi emerging adulthood dan menghadapi perubahan pola pembelajaran baru. Mahasiswa yang resilien secara akademik perlu memiliki keterampilan koping (coping skill) dan dukungan sosial. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menemukan hubungan yang signifikan antara keterampilan koping dengan resiliensi akademik mahasiswa STT Satyabhakti Malang; 2) menemukan hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan resiliensi akademik mahasiswa STT Satyabhakti Malang; dan 3) menemukan hubungan yang signifikan antara keterampilan koping dan dukungan sosial dengan resiliensi akademik mahasiswa STT Satyabhakti Malang. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional terhadap mahasiswa tingkat awal STT Satyabhakti Malang dengan total sampling 58 orang: 27 mahasiswa tahun pertama (angkatan 2022); dan 31 mahasiswa tahun ke-dua (angkatan 2021). Skala psikologis digunakan sebagai alat ukur penelitian, terdiri dari skala keterampilan koping, skala dukungan sosial, dan skala resiliensi akademik. Ketiga skala tersebut merupakan hasil adaptasi. Pengujian instrumen diberlakukan kepada mahasiswa tahun ke-tiga, empat, dan skripsi yang berjumlah 62 orang. Uji ahli instrumen dilakukan oleh dua dosen Departemen Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang yang pakar dalam bidang instrumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi sederhana dan berganda dengan menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics 26. Hasil analisis deskriptif penelitian terhadap kedua variabel bebas yaitu keterampilan koping (X1) dan dukungan sosial (X2) dengan variabel terikat yaitu resiliensi akademik (Y) dari mahasiswa tingkat awal STT Satyabhakti Malang menunjukkan bahwa ketiga variabel rata-rata dalam kategori sedang. Sebanyak 38 mahasiswa (66%) memiliki keterampilan koping kategori sedang dengan nilai interval 19 ≤ X < 24, sebanyak 43 mahasiswa (74%) memiliki dukungan sosial kategori sedang dengan nilai interval 32 ≤ X < 43, dan 42 mahasiswa (72%) memiliki tingkat resiliensi kategori sedang dengan nilai interval 68 ≤ X < 88. Hasil uji hipotesis pertama dengan menggunakan product moment pearson menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan koping (X1) dan resiliensi akademik (Y) dengan signifikansi sebesar 0.005 < 0.05, nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0.363 > 0,254) bersifat positif. Uji hipotesis kedua menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial (X2) dan resiliensi akademik (Y) dengan signifikansi sebesar 0.043 < 0.05, nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,257 > 0,254) bersifat positif. Uji hipotesis ketiga menunjukkan bahwa nilai Sig. FChange sebesar 0,012 < 0,05, menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara keterampilan koping (X1) dan dukungan sosial (X2) dengan resiliensi akademik (Y), nilai Fhitung lebih besar daripada Ftabel (4,800 > 3,168) bersifat positif dengan kontribusi sebesar 14,9%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan yang bersifat positif antar ketiga variabel. Semakin baik keterampilan koping dan dukungan sosial yang dimiliki mahasiswa tingkat awal, maka semakin tinggi resiliensi akademiknya. Sangat direkomendasikan bagi institusi STT Satyabhakti Malang supaya melakukan upaya preventif maupun kuratif dalam meningkatkan resiliensi akademik mahasiswa melalui: 1) peningkatan peran dosen pembimbing akademik; 2) peningkatan tata kelola layanan bimbingan dan konseling oleh tenaga konselor kampus; dan 3) peningkatan layanan pembimbing rohani sebagai pembimbing kelompok bagi mahasiswa yang ditunjuk oleh institusi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan koping, dukungan sosial, resiliensi akademik, mahasiswa, Sekolah Tinggi Teologi, Malang |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | mr magang UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 02:24 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 02:24 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4238 |
Actions (login required)
View Item |