Pengaruh pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran produktif teknik mesin di SMKN 1 Trenggalek / Trian Wahyuliono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran produktif teknik mesin di SMKN 1 Trenggalek / Trian Wahyuliono

Wahyuliono, Trian (2013) Pengaruh pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran produktif teknik mesin di SMKN 1 Trenggalek / Trian Wahyuliono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendidikan Karakter Hasil Belajar Sejak tahun 2010 pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan Nasional mencanangkan penerapan pendidikan karakter bagi semua tingkat pendidikan baik sekolah dasar hingga perguruan tinggi . Upaya tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan manusia Indonesia yang tidak hanya cerdas secara intelektual saja tetapi juga berkarakter baik. Pendidikan karakter merupakan pendidikan ihwal karakter atau pendidikan yang mengajarkan hakikat karakter dalam ketiga ranah yaitu cipta rasa dan karsa. SMKN 1 Trenggalek merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan karakter dalam proses belajar mengajar diantaranya adalah penerapan karakter disiplin dan penerapan karakter mandiri. Penerapan pendidikan karakter akan membuat siswa memiliki karakter yang baik diantaranya adalah karakter disiplin dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pendidikan karakter disiplin terhadap hasil belajar siswa (2) mengetahui pengaruh pendidikan karakter mandiri terhadap hasil belajar siswa (3) mengetahui pengaruh pendi- dikan karakter disiplin dan mandiri terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan di SMKN 1 Trenggalek. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 65 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan penilaian praktikum. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa (1) pendidikan karakter disiplin berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa (2) pendidikan karakter mandiri berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa (3) pendidikan karakter disiplin dan pendidikan karakter mandiri berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang ditunjukkan kepada (1) bagi siswa hendaknya selalu meningkatkan rasa disiplin dan kemandirian dalam dirinya agar hasil belajarnya meningkat (2) bagi peneliti selanjutnya agar lebih mengembangkan lagi penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42367

Actions (login required)

View Item View Item