Pengembangan media VCD pembelajaran dengan model Borg and Gall pada proses keselamatan dan kesehatan kerja dalam pembelajaran pengelasan di kelas X semester I SMK negeri 1 Singosari / Indra Agung Prasetiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media VCD pembelajaran dengan model Borg and Gall pada proses keselamatan dan kesehatan kerja dalam pembelajaran pengelasan di kelas X semester I SMK negeri 1 Singosari / Indra Agung Prasetiawan

Prasetiawan, Indra Agung (2013) Pengembangan media VCD pembelajaran dengan model Borg and Gall pada proses keselamatan dan kesehatan kerja dalam pembelajaran pengelasan di kelas X semester I SMK negeri 1 Singosari / Indra Agung Prasetiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pembelajaran Model Borg And Gall Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dalam Proses Pengelasan Keselamatan dan kesehatan kerja dalam pengelasan adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan dalam proses pengelasan dan hasil pengelasan yang bertujuan untuk mengurangi tingkat terjadinya kecelakaan kerja. Metode pembelajaran di kelas X semester 1 SMK Negeri 1 Singosari saat ini lebih banyak dilakukan dengan metode ceramah tanpa menggunakan media gambar video ataupun media yang lain. pembelajarannya hanya menggunakan alat evaluasi berupa lembar kerja siswa (LKS). Penggunaan media VCD pembelajaran interaktif sebagai salah satu solusi media pembelajaran yang sangat tepat. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (I) Menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif berupa VCD pembelajaran yang telah dikembangkan dan diujicobakan kelayakan pada materi keselamatan dan kesehatan kerja dalam proses pengelasan kelas X semester 1. (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif berupa VCD pembelajaran pada materi keselamatan dan kesehatan kerja dalam proses pengelasan kelas X semester 1. Dalam pengembangan ini peneliti mengacu model pengembangan (research and development) Borg dan Gall (1983 775) dalam Sukamadinata (2005 170) yang terdiri dari sepuluh langkah. Model pengembangan ini melalui uji validasi ahli materi dan ahli media. Validasi ahli materi diperoleh persentase 87 5 % dan dari validasi ahli media diperoleh persentase 83 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini masuk pada kriteria valid/layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Selain itu terdapat uji perorangan terhadap siswa uji kelompok kecil diperoleh 85 38% untuk validasi instrument. Dan kemudian terdapat uji coba kelompok besar yang diperoleh persentase 84 75%. Kesimpulannya bahwa media pem belajaran berbasis multimedia audio video ini dapat meningkatkan tingkat pemahaman siswa akan materi keselamatan dan kesehatan kerja dalam pengelasan karena media pembelajaran ini menarik dari segi penyampaian materi dan mudah digunakan dalam pengoperasian program. Media yang telah divalidasi dan direvisi selanjutnya disimpan dalam bentuk VCD dikemas dalam box VCD beserta sampul identitas. Media video ini berbentuk kepingan CD (compact disk) yang sangat praktis dimana dalam pemanfaatannya cukup menggunakan VCD dan televisi sehingga dapat dengan mudah untuk di operasikan oleh semua orang. Media VCD ini hanya terbatas pada media pembelajaran sebagai sumber belajar. Salah satu kelemahan dari media audiovisual ini adalah hanya menayangkan video tanpa adanya demontrasi sedangkan dalam pembelajaran keterampilan dibutuhkan demonstrasi dan penayangan berulang-ulang. Sehingga peran guru dalam proses pembelajaran masih aktif sebagai pengelolah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42363

Actions (login required)

View Item View Item