Studi tentang kompetensi profesional mahasiswa praktik pengalaman lapangan (PPL) S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang (UM) semester genap tahun 2011/2012 (pada program keahlian CNC kelas XI TPM di SMK Negeri 1 Singosari) / Agus Dwi Purwadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang kompetensi profesional mahasiswa praktik pengalaman lapangan (PPL) S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang (UM) semester genap tahun 2011/2012 (pada program keahlian CNC kelas XI TPM di SMK Negeri 1 Singosari) / Agus Dwi Purwadi

Purwadi, Agus Dwi (2013) Studi tentang kompetensi profesional mahasiswa praktik pengalaman lapangan (PPL) S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang (UM) semester genap tahun 2011/2012 (pada program keahlian CNC kelas XI TPM di SMK Negeri 1 Singosari) / Agus Dwi Purwadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Mahasiswa PPL Kompetensi Profesional Program keahlian CNC Mahasiswa jurusan kependidikan merupakan calon guru yang harus memiliki kemampuan dalam menguasai proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Untuk itu banyak hal yang harus dipersiapkan untuk memenuhi tuntutan tersebut. Salah satu bentuk kegiatan yang wajib dipenuhi khususnya di Universitas Negeri Malang dalam mempersiapkan mahasiswa sebagai calon guru adalah kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik pengalaman lapangan keguruan merupakan kegiatan praktik mengajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang (UM) di sekolah negeri maupun swasta.Tujuan praktik pengalaman lapangan yaitu agar mahasiswa dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional yang dapat menyusun perangkat pembelajaran melaksanakan kegiatan praktik mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi profesional mahasiswa PPL semester genap 2011/2012 ditinjau dari (1) Penguasaan bahan pada program keahlian (2) mengelola program pembelajar-an (3) Mengelola media pembelajaran pada program keahlian CNC kelas XI TPM di SMK Negeri 1 Singosari. Dan mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung kompetensi profesional. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu mahasiswa PPL Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang (UM) semester genap 2011/2012 yang mengajar program keahlian CNC kelas XI TPM di SMK Negeri 1 Singosari. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Kesimpulan berdasarkan analisis data hasil penelitian diantaranya (1) Kompetensi profesional mahasiswa PPL UM semester genap 2011/2012 dalam menguasai bahan pembelajaran mengalami kendala diantaranya sedikitnya materi yang tersedia kurangnya pemahaman terhadap perangkat pembelajaran yang ada mahasiswa PPL belum terbiasa dengan kode-kode yang digunakan pada mesin CNC yang ada motivasi yang kurang dari mahasiswa PPL kemampuan yang belum dikuasai secara mendalam mahasiswa PPL tentang bahan pembelajaran program keahlian CNC (2) Kompetensi profesional mahasiswa PPL UM semester genap 2011/2012 dalam pengelolaan program pembelajaran mahasiswa PPL terdapat kendala yang disebabkan antara lain belum mempunyai kemampuan yang cukup memadai untuk mengelola program keahlian CNC tidak adanya tugas yang terstruktur dari guru pamong terkait program pembelajaran beban tugas lain yang terlalu banyak beban jam mengajar mahasiswa PPL yang juga banyak sehingga berdampak pada rendahnya kemauan mahasiswa untuk mengelola program pembelajaran (3) Kompetensi profesional mahasiswa PPL UM semester genap 2011/2012 dalam mengelola media pembelajaran mahasiswa PPL mengalami kendala dalam melakukan perbaikan secara menyeluruh mengenai relevansi efektifitas dan evisiensi dari media program keahlian CNC yang dikembangkan mahasiswa PPL. Ada beberapa hal yang menyebabkan kendala dalam mengelola media pembelajaran terjadi antara lain minimnya literatur pendukung terkait dengan materi program keahlian CNC kurangnya penguasaan mahasiswa PPL dalam mengembangkan media pembelajaran dan kurangnya penguasaan mahasiswa mengevaluasi media pembelajaran (4) Faktor pendukung kompetensi profesional yaitu Telah dilakukan pembekalan kepada mahasiswa PPL sebelum terjun langsung dalam proses belajar pembelajaran yang sebenarnya di sekolah Kerjasama yang baik dengan beberapa perangkat sekolah Tersedianya alat bantu atau media yang memadai untuk menyampaikan materi pembelajaran Kerjasama yang baik antar sasama mahasiswa PPL yang mengajar program keahlian CNC kelas XI. Faktor penghambatnya yaitu Kemampuan bersosialisasi yang masih belum baik dengan lingkungan sekolah belum menguasai keterampilan mahasiswa PPL dalam memahami materi pembelajaran mahasiswa PPL belum mampu mengembangkan perangkat pembelajaran mahasiswa PPL tidak melakukan evaluasi terhadap program pembelajaran dan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42362

Actions (login required)

View Item View Item