Pengaruh fasilitas praktikum terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran sistem pemindah tenaga Jurusan Teknik Sepeda Motor SMKN 1 Pujon Kabupaten Malang / Nanang Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh fasilitas praktikum terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran sistem pemindah tenaga Jurusan Teknik Sepeda Motor SMKN 1 Pujon Kabupaten Malang / Nanang Kurniawan

Kurniawan, Nanang (2013) Pengaruh fasilitas praktikum terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran sistem pemindah tenaga Jurusan Teknik Sepeda Motor SMKN 1 Pujon Kabupaten Malang / Nanang Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Ketersediaan Fasilitas Praktik Prestasi Belajar Pada era global saat ini proses belajar dan pembelajaran dituntut untuk memenuhi standar yang ditetapkan oleh Badan Pendidikan Nasional. Peningkatan sumber daya manusia merupakan titik fokus dalam lingkup ini. Dalam dunia pendidikan khususnya kejuruan fasilitas praktik merupakan salah satu aspek yang memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar. Dengan kata lain fasilitas praktik memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara ketersediaan fasilitas praktikum terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan instrument berupa fasilitas praktikum dan prestasi belajar siswa yang ada di SMKN 1 Pujon jurusan Teknik Sepeda Motor Kabupaten Malang. Standart instrument yang dipakai adalah berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no 40 tahun 2008 tentang standar sarana dan prasarana Sekolah Menengah Kejuruan dan standar BNSP. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara teknik dokumentasi dan obsevasi. Hasil pengumpulan data menunjukan bahwa ketersediaan fasilitas praktikum memiliki prosentase sebesar 71% dengan kondisi baik dan nilai rata-rata dari 30 sampel sebesar 79 00 dari nilai maksimal 100. Data tersebut diolah dengan teknik analisis regresi linier sederhana melalui program SPSS. Teknik regresi linier dilakukan secara bertahap yaitu untuk mengetahui pengaruh fasilitas praktikum yang mencakup aspek alat praktik alat pendukung dan triner unit terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis data dengan regresi linier menunjukan bahwa rata-rata ketiga aspek fasilitas praktikum memiliki pengaruh sebesar 57% dari prestasi belajar. Maka fasilitas praktikum memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Dengan demikian untuk meningkatkan prestasi belajar khususnya siswa SMK dapat dipertimbangkan dengan melengkapi ketersediaan fasilitas praktikum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42356

Actions (login required)

View Item View Item