Hubungan antara peran guru pembimbing dan instruktur di industri dengan prestasi praktik kerja industri siswa kelas XII Jurusan Teknik Mesin SMK Nasional Malang / Zulkifli Zuda Khozi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara peran guru pembimbing dan instruktur di industri dengan prestasi praktik kerja industri siswa kelas XII Jurusan Teknik Mesin SMK Nasional Malang / Zulkifli Zuda Khozi

Khozi, Zulkifli Zuda (2012) Hubungan antara peran guru pembimbing dan instruktur di industri dengan prestasi praktik kerja industri siswa kelas XII Jurusan Teknik Mesin SMK Nasional Malang / Zulkifli Zuda Khozi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peran guru pembimbing peran instruktur prestasi praktik kerja industri. Peran guru pembimbing adalah melaksanakan kegiatan bimbingan siswa yang melaksanakan praktik kerja industri (Prakerin). Peran guru pembimbing yang tinggi akan meningkatkan prestasi praktik industri siswa. Peran instruktur di industri adalah memberikan bimbingan ahli bagi siswa dalam melakukan pekerjaan serta memberikan petunjuk-petunjuk praktis selama siswa melaksanakan praktik kerja industri. Siswa yang mendapat peran instruktur di industri baik akan berpengaruh terhadap prestasi Prakerin yang baik pula. Kenyataannya masih banyak guru pembimbing maupun instruktur praktik yang tidak memberikan perannya secara maksimal. Tujuan peneliti untuk mengetahui hubungan peran guru pembimbing dan instruktur di industri secara parsial maupun simultan dengan prestasi praktik kerja industri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi korelasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 49 responden. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata peran guru pembimbing ketika siswa melaksanakan praktik industri adalah cukup rata-rata peran instruktur di industri ketika siswa melaksanakan praktik industri adalah baik dan rata-rata prestasi praktik kerja industri yang didapat siswa adalah baik. Dari hasil analisis pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa (1) Secara parsial ada hubungan yang positif dan signifikan antara peran guru pembimbing dengan prestasi praktik kerja industri dengan r korelasi sebesar 0 487. (2) Secara parsial ada hubungan yang positif dan signifikan antara peran instruktur di industri dengan prestasi praktik kerja industri dengan r korelasi sebesar 0 537. (3) Secara simultan ada hubungan yang positif dan signifikan antara peran guru pembimbing dan instruktur di industri dengan prestasi praktik kerja industri dengan R korelasi sebesar 0 629. Berdasarkan kesimpulan di atas maka disarankan kepada kepala sekolah untuk melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan prestasi Prakerin dengan melakukan pemilihan guru pembimbing praktik yang memang memiliki persyaratan sebagai guru pembimbing Prakerin. Guru pembimbing hendaknya melakukan pembimbingan secara berkala (intensif) pada siswa yang melakukan Prakerin. Instruktur di industri hendaknya merasa peduli kepada siswa yang melaksanakan praktik dengan melakukan bimbingan Prakerin sebaik mungkin. Peneliti selanjutnya diharapka dapat mengembangkan penelitian ini lebih luas dan mendalam dengan meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi prestasi Prakerin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42349

Actions (login required)

View Item View Item