Pengembangan media pembelajaran proses kerja ketel uap pipa air berbasis Multimedia pada mata kuliah mesin konversi energi I program studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negri Malang / Adeng Rozy Handono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran proses kerja ketel uap pipa air berbasis Multimedia pada mata kuliah mesin konversi energi I program studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negri Malang / Adeng Rozy Handono

Handono, Adeng Rozy (2012) Pengembangan media pembelajaran proses kerja ketel uap pipa air berbasis Multimedia pada mata kuliah mesin konversi energi I program studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negri Malang / Adeng Rozy Handono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Ketel Uap MKE merupakan matakuliah wajib yang ada pada Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang dengan kode matakuliah PME 420 memiliki bobot 2 sks 2 js dan matakuliah ini ditempuh di semester 4. Matakuliah ini menjadi dasar-dasar berbagai pembangkit tenaga. Metode pembelajaran di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang saat ini lebih banyak dilakukan dengan metode ceramah tanya jawab demonstrasi penugasan dan praktikum. Penggunaan media DVD pembelajaran interaktif sebagai salah satu solusi media pembelajaran yang sangat tepat. Dalam metode ini media pembelajaran yang digunakan pembelajaran yang berbasis teknologi multimedia. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang telah dikembangkan dan diujicobakan kelayakan pada mata kuliah MKE pada jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UM. (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada matakuliah MKE Jurusan Teknik Mesin. Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini menggunakan model pengembangan menurut Sadiman dkk. perancangan media pembelajaran melalui 9 tahap kegiatan yaitu (1) menganalisis kebutuhan (2) merumuskan tujuan pembelajaran (3) merumuskan butir-butir materi (4) menulis naskah media (5) produksi produk media pembelajaran (6) validasi ahli (7) uji coba produk (8) revisi (9) hasil produk. Berdasarkan hasil validasi materi diperoleh persentase 92 5% dan dari validasi media diperoleh persentase 73 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan masuk pada kriteria valid/layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Selain itu terdapat hasil uji coba lapangan diperoleh persentase 86% kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini valid/layak digunakan baik dari segi materi ataupun pengoperasian program. Media yang telah divalidasi dan direvisi selanjutnya disimpan dalam bentuk DVD dikemas dalam box DVD beserta sampul identitas. Di dalam aplikasi software ini berisi materi pembelajaran MKE dan dilengkapi dengan video proses kerja ketel uap pipa air animasi proses kerja ketel uap pipa air dan turbin uap yang dibuat menggunakan software Adobe Flash dan untuk pendukung materi menggunakan software Autodesk Inventor Professional 2011.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42340

Actions (login required)

View Item View Item