Performansi mengajar dosen di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang ditinjau dari latar belakang pendidikan dan masa kerja / Moh. Sulis Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Performansi mengajar dosen di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang ditinjau dari latar belakang pendidikan dan masa kerja / Moh. Sulis Widodo

Widodo, Moh. Sulis (2012) Performansi mengajar dosen di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang ditinjau dari latar belakang pendidikan dan masa kerja / Moh. Sulis Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kebijakan publik ujian nasional penetapan kebijakan implementasi kebijakan praktik kebijakan evaluasi kebijakan fungsi kebijakan Salah satu kebijakan publik bidang pendidikan yang diberlakukan secara nasional adalah Ujian Nasional untuk sekolah dan madrasah. Sejumlah perdebatan dan perselisihan mengemuka terkait kebijakan Ujian Nasional yang tidak hanya melibatkan Pemerintah dan masyarakat tetapi juga lembaga legislatif badan eksekutif dan lembaga judisial. Penelitian ini berfokus pada (1) penetapan kebijakan ujian nasional yang mencakup proses inisiasi formulasi legislasi dan otorisasi kebijakan ujian nasional (2) implementasi lokal kebijakan ujian nasional yang mencakup tahap persiapan tahap pelaksanaan tahap pelaporan ujian nasional di daerah (3) praktik institusional kebijakan ujian nasional yang mencakup tahap persiapan tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan hasil ujian nasional di sekolah dan (4) resistensi sosial fungsi manifes fungsi laten dan disfungsi laten kebijakan ujian nasional bagi kesinambungannya serta bagi ketahanan dan perkembangan sistem pendidikan nasional. Penelitian ini penting tidak hanya bagi kepala sekolah dan guru pengawas sekolah dan dinas pendidikan tetapi juga bagi Badan Standar Nasional Pendidikan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Panitia Kerja Ujian Nasional DPR RI lembaga advokasi pendidikan serta para peneliti baik kebijakan pendidikan secara umum maupun secara khusus kebijakan ujian nasional. Penelitian dilaksanakan dalam empat tahun (2008 s.d. 2011) penyelenggaraan Ujian Nasional jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pendekatan penelitian teori kancah (grounded-theory research) dipilih karena sesuai dengan tujuan pengembangan teori kancah. Lokasi penelitian ini mengikuti tingkatan analisis makro-meso-mikro mulai dari penetapan kebijakan nasional implementasi lokal di sebuah kota dan praktik institusional satuan pendidikan. Data dikumpulkan dengan teknik telaah dokumen wawancara mendalam dan pengamatan berperanserta. Setelah dipilah dan digolongkan serta diupayakan keabsahannya data dianalisis dengan tiga langkah penyandian yaitu penyandian terbuka penyandian pokok dan penyandian terpilih. Temuan penelitian direkonstruksi menjadi sejumlah proposisi untuk pengembangan model teoretik substantif awal untuk selanjutnya ditransformasi menjadi model teoretik formal berdasarkan data lapangan. Penelitian ini menyimpulkan (1) penetapan usulan kebijakan Ujian Nasional didasarkan pada argumentasi yang kuat formulasi yang jernih koherensi dengan sistem legal serta ketepatan otorisasi pelaksanaannya (2) implementasi lokal kebijakan Ujian Nasional didukung oleh kesiapan pengalaman implementasi ujian sejenis persiapan yang tertata kejelasan pelaku tugas dan tata-kerja ketepatan jadwal sejak persiapan pelaksanaan hingga pelaporan (3) kegiatan praktik institusional kebijakan Ujian Nasional didukung oleh kesiapan pengalaman praktik ujian sejenis persiapan yang tertata kejelasan pelaku tugas dan tata-kerja ketepatan jadwal sejak persiapan pelaksanaan hingga pelaporan (4) kebijakan Ujian Nasional telah mengakibatkan resistenai sosial fungsi manifes dan fungsi laten yang lebih besar dibanding disfungsi laten dan dengan tingkat disfungsi laten yang masih dapat ditoleransi (5) keputusan penerusan kebijakan Ujian Nasional didukung oleh ketanggapan terhadap masukan dan gugatan daya-suai terhadap tuntutan khalayak bukti empirik dan argumentasi logik kemanfaatan serta rencana perbaikan tahun pelajaran mendatang. Transformasi model teoretik substantif kebijakan ujian nasional menghasilkan model teoretik formal kebijakan pendidikan dengan proposisi sebagai berikut (1) penetapan usulan suatu kebijakan bergantung pada argumentasi formulasi koherensi legal dan ketepatan otorisasinya serta ketanggapan terhadap resistensi (2) implementasi lokal kebijakan bergantung pada kualitas persiapan pelaksanaan dan pelaporannya (3) praktik institusional kebijakan bergantung pada kualitas persiapan pelaksanaan dan pelaporannya (4) keputusan evaluasi kebijakan bergantung pada ketercapaian fungsi manifes kemanfaatan fungsi laten keterkendalian disfungsi dan nilai lebih antara fungsi dan disfungsi kebijakan dan (5) keputusan kelanjutan kebijakan bergantung pada ketanggapan daya-suai keterbuktian dan rasionalitas pembenaran penerusan kebijakan. Saran-saran diajukan kepada (1) para guru dan kepala sekolah agar mengidentifikasi kesenjangan antara nilai ujian nasional sebagai standar nasional pendidikan dan nilai ujian sekolah sebagai standar sekolah untuk perbaikan proses pembelajaran (2) pengawas sekolah agar lebih berorientasi pada layanan supevisi klinis guru dalam pembelajaran (3) Dinas Pendidikan agar memanfaatkan hasil Ujian Nasional sebagai dasar penetapan lokasi dan alokasi bantuan dan melakukan reorientasi menuju keunggulan bagi semua (4) Badan Standar Nasional Pendidikan agar senantiasa memperbaiki strategi komunikasi informasi dan edukasi bagi masyarakat terkait Pedoman Operasional Standar pelaksanaan hasil-hasil temuan-temuan evaluasi kebijakan Ujian Nasional (5) Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan agar mempertimbangkan model teoretik temuan penelitian ini untuk mengevaluasi dan mengambil keputusan terhadap kebijakan Ujian Nasional dan (6) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) agar meningkatkan fungsi kepanitiaan kerja Ujian Nasional untuk menyerap dan mengolah aspirasi masyarakat terkait implementasi undang-undang penggunaan anggaran serta hasil kebijakan dan program.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42338

Actions (login required)

View Item View Item