Analisis kualitas pembelajaran mata DIKLAT produktif di SMK Negeri 1 Singosari / Anom Wisnu Murti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kualitas pembelajaran mata DIKLAT produktif di SMK Negeri 1 Singosari / Anom Wisnu Murti

Murti, Anom Wisnu (2012) Analisis kualitas pembelajaran mata DIKLAT produktif di SMK Negeri 1 Singosari / Anom Wisnu Murti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Analisis Kualitas Pembelajaran Mata Diklat Produktif. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pembelajaran mata diklat produktif dikelas X TPm dan XII TPm Praktek Bengkel Permesinan SMKN 1 Singosari maka penelitian ini difokuskan sebagai berikut (1) mengetahui kualitas perencanaan pembelajaran mata diklat produktif dikelas praktek SMKN 1 Singosari (2) mengetahui kualitas pelaksanaan pembelajaran mata diklat produktif dikelas praktek SMKN 1 Singosari (3) mengetahui kualitas evaluasi pembelajaran mata diklat produktif dikelas praktek SMKN 1 Singosari. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif data diambil siswa dengan menggunakan angket dan dihitung secara statistik. Dengan mengambil sampel 9 guru produktif 25 siswa Kelas X dan 19 siswa kelas XII TPm. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) Angket (2) Observasi dan Wawancara (Foto Kompetensi) (3) dan Lembar Kerja Siswa kelas X dan XII TPm. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh temuan-temuan sebagai berikut (1) perencanaan pembelajaran 67% atau 6 guru dinyatakan baik 11% atau 1 guru cukup baik 11% atau 1 guru sangat baik dan 11% atau 1 guru sangat baik sekali perencanaan pembelajaran meliputi (pembuatan silabus RPP lembar kerja media pembelajaran) (2) pada pelaksanaan pembelajaran 41% atau 18 siswa menyatakan pelaksanaan pembelajaran baik 27% atau 12 siswa menyatakan sangat baik 20% atau 9 siswa menyatakan cukup baik 11% atau 5 siswa menyatakan pelaksanaan pembelajaran sangat baik sekali pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan standart proses Permendiknas No 41. Tahun 2007 (3) evaluasi pembelajaran 56% atau 5 guru dinyatakan sangat baik sekali 33% atau 3 guru sangat baik 11% atau 1 cukup baik dalam evaluasi pembelajaran evaluasi pembelajaran meliputi perencanaan skor evaluasi praktek dan teori waktu dan skor pelaksanaan evaluasi praktek maupun teori. Ada hal yang disarankan yaitu peneliti lain agar juga bisa melakukan penelitian yang lebih fokus dalam menganalisis kualitas pembelajaran pada bidang studi yang sama atau bidang studi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42324

Actions (login required)

View Item View Item