Abdul (2010) Manajemen hubungan masyarakat di Madrasah (Studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang 2) / Abdul Rais. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci madrasah manajemen hubungan masyarakat. Peran serta masyarakat dalam pendidikan meliputi peran serta perseorangan kelompok keluarga organisasi profesi pengusaha dan organisasi kemasyarakatan dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu pendidikan (UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Pasal 54 Ayat 1). Dengan demikian sekolah sebagai penyelenggara pendidikan dan tempat transformasi nilai-nilai dan budaya positif tanpa kerjasama dan bantuan dari pihak luar akan sulit. Sehingga sekolah harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan orangtua dan masyarakat agar mereka mendukung dan bersedia bekerjasama untuk mencapai tujuan pendidikan bersama-sama. Madrasah merupakan sekolah umum tetapi berciri khas Islam. Semua proses pembelajaran secara formal sama dengan sekolah-sekolah umum hanya di madrasah itu semuanya harus Islami berpakaian Islami berkata-kata Islami peraturan-peraturan harus Islami pergaulan sehari-hari Islami pelaksanaan ibadah harus Islami teori-teori pengetahuan yang diajarkan harus pula Islami. Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Pasal 17 Ayat 2 yakni Pendidikan dasar terdiri atas Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajat serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau bentuk lain yang sederajat. Penelitian ini memiliki fokus yaitu (1) bagaimanakah kegiatan perencanaan hubungan masyarakat di MIN Malang 2 (2) bagaimanakah pelaksanaan hubungan masyarakat di MIN Malang 2 (3) bagaimanakah kegiatan pengawasan hubungan masyarakat di MIN Malang 2 . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus karena dengan studi kasus berusaha mengungkap secara deskriptif semua fenomena kejadian masalah di suatu lokasi yang mengutamakan kealamiahan atau natural. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) wawancara mendalam (2) observasi dan (3) dokumentasi. Adapun teknik untuk mengecek keabsahan data meliputi (1) perpanjangan kehadiran di lapangan (2) triangulasi dan (3) observasi yang mendalam. Kesimpulan penelitian yang dihasilkan yaitu (1) kegiatan perencanaan hubungan masyarakat di MIN Malang 2 oleh wakil kepala madrasah bagian humas meliputi evaluasi program humas tahun sebelumnya untuk merumuskan program humas tahun berikutnya kemudian setelah program tersebut dirumuskan maka akan dibahas pada rapat pimpinan yang dihadiri oleh kepala dan para waka apakah ada tambahan atau tidak dari rapat tersebut untuk program humas wakil kepala madrasah bagian humas juga mengadakan kerjasama dengan wakil kepala madrasah bagian kesiswaan untuk proses pembuatan brosur penerimaan siswa ii baru serta bekerjasama dengan komite dan anggota humas dalam perumusan program humas berikutnya dari saran orangtua juga termasuk. Rencana program yang telah disusun diserahkan kepada komite untuk disetujui pada publikasi humas juga melalui beberapa media seperti kalender brosur baliho spanduk dan blog MIN Malang 2 (2) kegiatan pelaksanaan hubungan masyarakat di MIN Malang 2 meliputi publikasi lembaga pembuatan kalender spanduk brosur Great Dream Motivation Training (GDMT) bakti sosial kemah bakti melibatkan orangtua dalam acara-acara maupun kegiatan yang terkait dengan humas. Pada pelaksanaan program-program humas juga dibantu oleh komite karena mereka merupakan jembatan pihak madrasah dengan pihak luar dan juga memberikan saran mengenai pelaksanaan program humas (3) kegiatan pengawasan hubungan masyarakat di MIN Malang 2 meliputi Pengawasan dilakukan dengan melihat apakah tujuan sudah tercapai sesuai dengan apa yang direncanakan sebelumnya melalui laporan pelaksanaan program yang diberikan wakil kepala madrasah bagian humas sehingga akan menjadi acuan untuk perumusan program-program humas selanjutnya. Saran yang bisa disampaikan dari hasil penelitian ini adalah (1) kepala madrasah diharapkan terus memberikan pengawasan arahan bimbingan kepada wakil kepala madrasah bagian humas dalam perencanaan pelaksanaan program-program humas dan menerapkan manajemen humas yang baik dan menyeluruh karena humas berperan penting untuk kemajuan MIN Malang 2 dalam promosi dan kerjasama dengan pihak luar (2) wakil kepala madrasah bagian humas dalam perencanaan dan perumusan program supaya lebih banyak dan bervariasi dan program yang berciri khas Islami agar MIN Malang 2 lebih dikenal masyarakat luar (3) diharapkan Komite MIN Malang 2 berperan dan membantu dalam kegiatan-kegiatan dan selalu memberikan masukan serta saran yang membangun untuk pelaksanaan program-program humas di MIN Malang 2 (4) akademisi Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan lebih meningkatkan kemampuan mengenai humas dan bisa memberikan teori serta praktek yang nyata kepada mahasiswa tentang manajemen hubungan masyarakat (5) peneliti lain dapat dijadikan bahan referensi dan informasi awal untuk mengembangkan dan melaksanakan penelitian sejenis mengenai manajemen hubungan masyarakat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4231 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |