Hubungan bakat mekanik dan gaya belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X Program Keahlian Mekanik Industri SMK Dharma Siswa Kraksaan Probolinggo / Mohammad Syahru Romadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan bakat mekanik dan gaya belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X Program Keahlian Mekanik Industri SMK Dharma Siswa Kraksaan Probolinggo / Mohammad Syahru Romadhani

Romadhani, Mohammad Syahru (2011) Hubungan bakat mekanik dan gaya belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X Program Keahlian Mekanik Industri SMK Dharma Siswa Kraksaan Probolinggo / Mohammad Syahru Romadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci bakat mekanik gaya belajar prestasi. Prestasi belajar sampai saat ini menjadi indikator untuk menilai tingkat keberhasilan siswa dalam proses belajar. Ada banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa di antaranya yaitu bakat mekanik dan gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan bakat mekanik dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X program keahlian mekanik industri SMK Dharma Siswa Kraksaan Probolinggo (2) Hubungan tingkat gaya belajar visual siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X program keahlian mekanik industri SMK Dharma Siswa Kraksaan Probolinggo (3) Hubungan tingkat gaya belajar auditorial siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X program keahlian mekanik industri SMK Dharma Siswa Kraksaan Probolinggo (4) Hubungan tingkat gaya belajar kinestetik siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X program keahlian mekanik industri SMK Dharma Siswa Kraksaan Probolinggo dan (5) Hubungan bakat mekanik tingkat gaya belajar visual tingkat gaya belajar auditorial dan tingkat gaya belajar kinestetik dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas X program keahlian mekanik industri SMK Dharma Siswa Kraksaan Probolinggo Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian korelasional. Data dikumpulkan menggunakan tiga instrumen sesuai dengan jumlah variabel dalam penelitian yaitu (1) bakat mekanik menggunakan tes bakat (2) gaya belajar menggunakan angket dan (3) prestasi belajar menggunakan dokumentasi. Data diperoleh dari 34 siswa kelas X program keahlian mekanik industri SMK Dharma Siswa Kraksaan tahun pelajaran 2010/2011. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis data pengujian hipotesis diperoleh bahwa bakat mekanik dan gaya belajar kinestetik secara parsial memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar sedangkan gaya belajar visual dan auditorial secara parsial tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar tetapi secara simultan (bersama-sama) keempat variabel tersebut memiliki hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar. Besarnya kontribusi secara parsial terhadap prestasi belajar masing-masing variabel yaitu bakat mekanik sebesar 32 29% gaya belajar visual sebesar 4 21% gaya belajar auditorial sebesar 3 13% dan gaya belajar kinestetik sebesar 25 54%. Secara simultan keempat variabel di atas memiliki kontribusi sebesar 64 1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42303

Actions (login required)

View Item View Item