Pengembangan E-assessment berbasis mobile technology pada mata kuliah aplikasi komputer Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Rikko Anggara

Anggara, Rikko (2013) Pengembangan E-assessment berbasis mobile technology pada mata kuliah aplikasi komputer Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Rikko Anggara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggara, Rikko. 2013. Pengembangan Pengembangan E-Assessment Berbasis Mobile Technology Pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Saida Ulfa S.T., M. Edu, Ph.D, (II) Dr. Agus Wedi S. Pd, M.Pd Kata Kunci : Asesmen, E-assessment, mobile learning Dalam pembelajaran mengandung tiga unsur utama yaitu tujuan pembelajaran, proses belajar mengajar, dan penilaian hasil belajar. Penilaian atau biasa disebut dengan asesmen merupakan salah satu komponen penting dan memainkan peranan yang besar dalam mengidentifikasi keberhasilan suatu pembelajaran. Melalaui asesmen pengajar memperoleh data atau informasi tentang hasil belajar peserta didik serta memberikan umpan balik mengenai kemajuan belajar siswa untuk peserta didik dan pengajar. Pada kenyataannya di lapangan, asesmen ini belum terlaksana secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan dalam pembelajaran itu sendiri. Seringkali pengajar membutuhkan waktu yang lama untuk memberikan asesmen tersebut. dikarenakan jumlah siswa yang banyak dan tingat ketelitian yang cukup tinggi untuk memberikan umpan balik satu per satu bagi peserta didik. Padahal asesmen merupakan indikator-indikator pencapaian hasil belajar baik berupa domain kognitif, afektif, maupun psikomotor. Dengan adanya umpan balik secara segera, peserta didik mampu mengidentifikasi kemampuan dirinya dan bisa termotivasi untuk belajar lebih giat. Oleh karena itu pengajar dituntut harus mampu memberikan umpan balik secepatnya bagi perserta didiknya. Namun pada kenyataanya, hal itu sulit direalisasikan. Oleh karena itu dibutuhkan teknologi dalam penyelesaian tersebut sehingga peserta didik mendapatkan umpan balik secepatnya. Penelitian ini mempunyai 2 tujuan. Yang pertama mengembangkan dan mengimplementasikan e-assessment system berbasis mobile technology dalam pelaksanaan pembelajaran dan yang kedua mengetahui tingkat keefektifan e-assessment system berbasis mobile technology dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif-kualitatif. Data penelitian yang berupa presentase hasil dari respon yang diberikan oleh ahli media, ahli materi dan audiens setalah menguji coba e-assessment pembelajaran ini. Pengumpulan data dilakuakn dengan menggunakan angket yang diberikan pada ahli media, ahli materi dan audiens. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh beberapa simpulan hasil pengembangan sebagai berikut. Pertama, hasil validasi dari ahli media adalah menyebutkan bahwa media pembelajaran ini 90%, berdasarkan kriteria yang ditetapkan maka dapat diinterpretasikan bahwa Pengembangan Pengembangan E-Assessment Berbasis Mobile Technology Pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang dalam kriteria valid atau di kualifikasi layak digunakan untuk proses pembelajaran. Kedua, menurut hasil validasi ahli materi menyebutkan bahwa media pembelajaran ini 75%, berdasarkan kriteria yang ditetapkan maka dapat diinterpretasikan bahwa pengembangan e-assessment berbasis mobile technology pada mata kuliah aplikasi komputer jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang dalam kriteria cukup valid atau di kualifikasi cukup layak digunakan untuk proses pembelajaran. Ketiga, berdasarkan angket uji persepsi dari audiens diperoleh kesimpulan bahwa dengan e-assessment berbasis mobile technology pada mata kuliah aplikasi komputer jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang dapat mengakses evaluasi pembelajaran kapanpun dan dimanapun, meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam pemebelajaran, dapat menumbuhkan kemauan dalam menerima suatu teknologi dalam pembelajaran, dapat meningkatkan perhatian pada suatu materi pelajaran, menghadirkan pengalaman baru dalam belajar baik di dalam kelas maupun di luar kelas, mengandung aspek interaktif dalam evaluasi pembelajaran, membuat aktif dalam bereksplorasi mengenai materi yang disajikan, membuat sistematika transparasi nilai, memiliki visualisai dan resolusi yang bagus sehingga dapat membuat tertarik dalam menjalankan aplikasi di dalamnya, memiliki kemampuan dalam pemrosesan data dengan cepat, perangkat yang digunakan terjangkau, dapat termotivasi untuk belajar lebih giat lagi, dan lebih mudah mendapatkan umpan balik secepatnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item View Item