Hubungan antara persepsi tentang kecakapan hidup (life skills) dengan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Surya Adi Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi tentang kecakapan hidup (life skills) dengan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Surya Adi Wijaya

Wijaya, Surya Adi (2011) Hubungan antara persepsi tentang kecakapan hidup (life skills) dengan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Surya Adi Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kecakapan personal kecakapan sosial kecakapan vokasional kecakapan akademik prestasi belajar Kecakapan hidup adalah kemampuan dan keberanian untuk menghadapi problema kehidupan kemudian secara proaktif dan kreatif mencari dan menemukan solusi untuk mengatasinya. Kecakapan hidup terdiri dari (1) kecakapan personal (2) kecakapan sosial (3) kecakapan vokasional dan (4) kecakapan akademik. Pendidikan yang berorientasi pada kecakapan untuk hidup memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk memperoleh bekal keterampilan atau keahlian yang dapat dijadikan sebagai sumber penghidupannya. Siswa akan mengerti pentingnya kecakapan hidup kalau diberikan pengarahan akan pentingnya memiliki kecakapan hidup untuk dapat bersaing di dunia kerja. SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen merupakan sekolah yang memberikan pendidikan kecakapan hidup dan rata-rata memiliki nilai yang dapat dikatakan cukup tinggi. Semua itu tidak lepas dari peran serta guru dalam memberikan pendidikan yang berorientasi pada kecakapan hidup. Berbagai macam pendidikan kecakapan hidup telah diberikan oleh SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen untuk mendongkrak prestasi belajar siswa agar lebih meningkat. Persepsi siswa terhadap kecakapan hidup sangatlah penting untuk peningkatan prestasi belajar. Apabila siswa mengetahui pentingnya kecakapan hidup maka besar kemungkinan prestasi belajarnya cenderung baik begitu pula sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh deskripsi dan untuk menemukan ada tidaknya suatu hubungan tentang variabel-variabel yang sudah ditentukan sebelumnya. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa program keahlian pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen sebanyak 145 siswa dan digunakan sebagai sampel sebanyak 60 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni proportionate random sampling. Analisis untuk mencari hubungan secara parsial persepsi siswa terhadap kecakapan personal (X1) persepsi siswa terhadap kecakapan sosial (X2) persepsi terhadap kecakapan hidup vokasional (X3) persepsi terhadap kecakapan akademik (X4) dengan prestasi belajar (Y) dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.00 For Windows. Dari hasil penelitian ini diketahui (1) Persepsi siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen terhadap kecakapan personal memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar dengan nilai sig t (0 026) 945 (0 05) dan thitung 2 293 ttabel 2 000. (2) Persepsi siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen terhadap kecakapan Sosial memiliki hubungan yang signifikan dengan Prestasi Belajar dengan nilai sig t (0 001) 945 (0 05) dan thitung 3 667 ttabel 2 000. (3) Persepsi siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen terhadap kecakapan Vokasional memiliki hubungan yang signifikan dengan Prestasi Belajar dengan nilai sig t (0 003) 945 (0 05) dan thitung 3 053 ttabel 2 000 (4) Persepsi siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen terhadap kecakapan personal memiliki hubungan yang signifikan dengan Prestasi Belajar dengan nilai sig t (0 017) 945 (0 05) dan thitung 2 464 ttabel 2 000. Kesimpulan yang dapat ditarik dari skripsi ini yaitu siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen memiliki persepsi terhadap kecakapan hidup personal sosial vokasional dan akademik yang tergolong tinggi. Selain itu dari hasil regresi didapatkan ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang kecakapan personal sosial vokasional dan akademik dengan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Dari penelitian ini dapat disarankan (1) Kepada kepala sekolah agar lebih mensosialisasikan kepada guru supaya mengajarkan pendidikan berbasis kecakapan hidup kepada siswa. (2) Kepada guru supaya meberikan pendidikan berbasis kecakapan hidup dan lebih banyak memberikan pengarahan mengenai dunia kerja. (3) Kepada orang tua hendaknya bisa memberikan pengarahan kepada anak agar mengerti akan pentingnya kecakapan hidup untuk menghadapi masa depan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42290

Actions (login required)

View Item View Item