Implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill education) dalam pembelajaran program produktif teknik pemesinan pada SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Raden Sali Falianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill education) dalam pembelajaran program produktif teknik pemesinan pada SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Raden Sali Falianto

Falianto, Raden Sali (2011) Implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill education) dalam pembelajaran program produktif teknik pemesinan pada SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Raden Sali Falianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci implementasi kecakapan hidup pembelajaran produktif Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan dunia usaha dan dunia kerja. Kurikulum yang ada sekarang diharapkan dapat merefleksikan kehidupan nyata dalam pendidikan di sekolah salah satu upayanya adalah dengan mengintegrasikan kecakapan hidup. Pengintegrasian kecakapan hidup dalam kurikulum bukan untuk merombaknya tetapi digunakan untuk menjembatani kesenjangan antara kurikulum yang ada dengan tuntutan kehidupan nyata yang ada saat ini sehingga lulusan yang dihasilkan dari pendidikan sekolah mampu sanggup dan terampil terjun dalam kehidupan nyata. Fokus penelitian ini adalah (1) Mengetahui komponen pendidikan kecakapan hidup di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. (2) Mengetahui perencanaan pendidikan kecakapan hidup dalam pembelajaran program produktif teknik pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. (3) Mengetahui pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup dalam pembelajaran program produktif teknik pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. (4) Mengetahui sistem evaluasi yang digunakan guru terkait pengintegrasian dan pengembangan kecakapan hidup dalam pembelajaran program produktif teknik pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. (5) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengintegrasikan kecakapan hidup dalam pembelajaran program produktif teknik pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen pada tanggal 25 Oktober sampai dengan 10 November 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif descriptive explanative dengan jenis penelitian survey. Penelitian ini menggunakan guru-guru program produktif teknik pemesinan sebagai informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket studi dokumen observasi dan wawancara. Analisis terhadap hasil penelitian menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Komponen-komponen pendidikan kecakapan hidup yang telah dikembangkan oleh guru-guru Mata Diklat Produktif Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen meliputi personal skill social skill academic skill dan vocational skill. (2) Perencanaan pendidikan kecakapan hidup dalam pembelajaran program produktif di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen masih belum mencantumkan kecakapan hidup secara eksplisit ke dalam dokumen pembelajaran tetapi secara implisit semua guru sudah menerapkannya dengan baik pada indikator pembelajaran meskipun dalam perencanaan pada dokumen pembelajaran tersebut guru lebih menekankan pada pengembangan kecakapan vokasional sedangkan kecakapan yang lainnya kurang begitu diperhatikan. (3) Pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup pada pembelajaran produktif teknik pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen secara praktis kecakapan hidup telah dikembangkan oleh guru mata diklat program produktif melalui pengalaman belajar yang telah diberikan dan telah mengimplementasikan kecakapan hidup dengan baik meskipun tidak semua indikator kecakapan hidup tercakup di dalam pembelajaran. (4) Sistem evaluasi yang digunakan oleh guru mata diklat produktif teknik pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen telah menggunakan Penilaian Berbasis Kelas (PBK) untuk mengintegrasikan dan mengembangkan kecakapan hidup meskipun informan masih belum mencantumkan semua penilaian dalam dokumen pembelajaran. Teknik PBK yang digunakan informan adalah berupa tes tertulis unjuk kerja penugasan tes lisan dan hasil karya. (5) Kendala-kendala yang dihadapi informan dalam pengintegrasian kecakapan hidup dalam pembelajaran program produktif teknik pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen antara lain latar belakang siswa dari berbagai macam lingkungan yang tidak sama lingkungan keluarga dan keterbatasan sarana kemauan belajar anak lemah dan kurang dikuasainya materi-materi adaptif motivasi siswa mayoritas dari daerah secara umum masih lemah dan minat baca siswa yang kurang. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti memberikan beberapa saran yang bersifat membangun diantaranya yaitu (1) Kepada Guru SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen diharapkan untuk merancang pembelajaran yang mampu menumbuhkan kecakapan hidup. Rancangan pembelajaran dimulai dengan mengindentifikasi kecakapan hidup yang dapat diintegrasikan pada setiap materi pelajaran produktif. Kemudian mengintegrasikannya secara eksplisit ke dalam dokumen pembelajaran. Oleh karena itu diharapkan guru mampu meningkatkan pemahaman tentang kecakapan hidup dan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sebagai tenaga yang profesional sehingga mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik untuk meningkatkan kecakapan hidup siswa. (2) Kepada SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen sebaiknya mengadakan sosialisasi yang bersifat pelatihan bagi guru-guru mata diklat produktif teknik pemesinan untuk menghadapi dinamika kurikulum yang terus berlanjut. Harapannya agar guru lebih profesional sebagai tenaga pendidik aktif serta kreatif dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) dan juga dapat lebih memperjelas pengintegrasian dan pengembangan life skill dalam pembelajaran sebagai bekal lulusan dalam melanjutkan kehidupannya. (3) Kepada Jurusan Teknik Mesin diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai pendidikan kecakapan hidup untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan mengajar ketika terjun ke lapangan. (4) Kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih mengembangkan penelitian implementasi kecakapan hidup pada sarana dan prasarana serta pada manajemen sekolah sehingga penelitian selanjutnya bisa lebih inovatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42287

Actions (login required)

View Item View Item