Implementasi lesson study untuk meningkatkan efektivitas dan motivasi belajar siswa bidang produktif mekanik industri SMK Negeri 1 Jatirejo Mojokerto / Mukhamad Harun Rasyid - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi lesson study untuk meningkatkan efektivitas dan motivasi belajar siswa bidang produktif mekanik industri SMK Negeri 1 Jatirejo Mojokerto / Mukhamad Harun Rasyid

Rasyid, Mukhamad Harun (2010) Implementasi lesson study untuk meningkatkan efektivitas dan motivasi belajar siswa bidang produktif mekanik industri SMK Negeri 1 Jatirejo Mojokerto / Mukhamad Harun Rasyid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci lesson study efektivitas belajar motivasi belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Sejauhmana efektivitas implementasi lesson study dalam meningkatkan hasil belajar siswa bidang produktif Mekanik Industri di SMK Negeri 1 Jatirejo Mojokerto dan (2) Sejauhmana implementasi lesson study dalam meningkatkan motivasi belajar siswa bidang produktif Mekanik Industri di SMK Negeri 1 Jatirejo Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Instrumen penelitian berupa lembar observasi lesson study lembar penilaian afektif lembar penilaian kognitif lembar penilaian psikomotor lembar efektivitas angket respon siswa dan angket respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi lesson study dapat meningkatkan efektivitas dan motivasi belajar siswa Bidang Produktif Mekanik Industri di SMK Negeri 1 Jatirejo Mojokerto. Berdasarkan paparan data prestasi belajar menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa dilihat dari aspek kognitif pada siklus 1 adalah 86 50% sedangkan pada siklus 2 sebesar 92 67%. Aspek afektif pada siklus 1 sebesar 64 50% dan siklus 2 sebesar 71 80%. Aspek psikomotorik pada siklus 1 sebesar 74 47% dan siklus 2 sebesar 75 10%. Persentase ketuntasan belajar siswa dilihat dari ketiga aspek prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Aspek kognitif meningkat sebesar 5 77% aspek afektif meningkat sebesar 7 30% sedangkan aspek psikomotorik meningkat sebesar 0 63%. Berdasarkan paparan data diperoleh nilai skor rata-rata motivasi belajar siswa siklus 1 adalah 56 19% dengan kategori cukup sedangkan siklus 2 skor rata-rata motivasi belajar siswa adalah 73 83% dengan kategori baik. Skor rata-rata motivasi belajar siswa dalam pembelajaran lesson study mengalami peningkatan sebesar 17 64%. Efektivitas pembelajaran yang berlangsung dalam kegiatan lesson study ini sudah menunjukkan hasil yang positif hal ini dapat ditunjukkan dengan respon siswa terhadap pembelajaraan baik melalui angket maupun hasil belajar yang telah dicapai siswa jika dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran konvensional yang biasa diterapkan oleh para guru di SMK Negeri 1 Jatirejo Mojokerto. Hasil belajar siswa semakin naik keaktifan siswa meningkat kemampuan siswa dalam bekerjasama semakin baik meningkatnya kesadaran interaksi siswa terhadap guru dan lingkungan belajar serta meningkatnya motivasi belajar siswa yang meliputi minat perhatian dan ketekunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42282

Actions (login required)

View Item View Item