Persepsi siswa tentang kualitas layanan pembelajaran di SMK Negeri 1 Purwosari / Izzuddin Raviedz Helmy - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa tentang kualitas layanan pembelajaran di SMK Negeri 1 Purwosari / Izzuddin Raviedz Helmy

Helmy, Izzuddin Raviedz (2010) Persepsi siswa tentang kualitas layanan pembelajaran di SMK Negeri 1 Purwosari / Izzuddin Raviedz Helmy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kualitas layanan pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang kualitas layanan pembelajaran yang meliputi layanan kegiatan belajar mengajar layanan fasilitas pembelajaran layanan perpustakaan dan lingkungan sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 93 siswa. Sampel yang diambil yaitu keseluruhan dari jumlah populasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif. Pengambilan data dilakukan di SMK Negeri 1 Purwosari. Instrumen yang digunakan untuk proses pengumpulan data adalah angket (a) layanan kegiatan belajar mengajar (b) layanan fasilitas pembelajaran (c) layanan perpustakaan dan (d) lingkungan sekolah. Validitas instrumen melalui expert justment (content contract face) kemudian dilanjutkan analisis statistik uji validitas butir dan reliabilitas (r 0 747 r 0 757 r 0 750 dan r 0 793). Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa rata-rata mempersepsikan kualitas layanan pembelajaran baik siswa rata-rata mempersepsikan kualitas layanan fasilitas pembelajaran baik siswa rata-rata mempersepsikan kualitas layanan perpustakaan baik dan siswa rata-rata mempersepsikan kualitas lingkungan sekolah baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semua layanan dalam pembelajaran dipersepsikan baik. Hal ini dikarenakan metode media dan sumber belajar serta strategi yang digunakan oleh guru mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan dan juga guru dalam memberikan penguatan perlu untuk meyakinkan siswa terhadap suatu teori dengan memberikan penghargaan secara lisan maupun tertulis. Fasilitas pembelajaran yang dimiliki lengkap dan memadai serta pengelolaan yang baik sehingga interaksi belajar mengajar akan semakin efektif dan efisien serta memperlancar jalannya proses pembelajaran. Koleksi perpustakaan yang berkualitas yang dapat dimanfaatkan siswa untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuannya serta akses layanan yang tepat yang membuat siswa dapat memilih dan meminjam bahan pustaka yang diinginkan dengan mudah. Lingkungan yang baik yang membuat siswa nyaman dan aman dalam belajar serta tujuan yang telah direncanakan dapat tercapai. Selanjutnya dapat disarankan bagi 1) Untuk mempertahankan dan menjaga fasilitas sekolah yang sudah ada untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran serta memberikan motivasi kepada guru agar selalu menjaga kualitas layanan pembelajaran yang sudah baik 2) guru untuk mengembangkan potensi yang telah ada dan sudah baik 3) siswa lebih berani untuk mengeluarkan pendapat apabila kualitas layanan pembelajaran di sekolah tidak sesuai dengan harapan/kebutuhan siswa dan ikut serta menjaga kualitas layanan di sekolah dengan sebaik-baiknya 4) Peneliti lain perlu melaksanakan penelitian selanjutnya dengan memperluas wilayah peneliti selain itu juga memperbanyak subyek penelitian serta juga melengkapi penelitian dengan observasi dan wawancara sehingga akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan data-data yang lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42280

Actions (login required)

View Item View Item