Pengaruh persentase bioetanol ketela pada bensin dan variasi putaran mesin terhadap kebisingan mesin bensin / Chandra Bayu Fenanta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persentase bioetanol ketela pada bensin dan variasi putaran mesin terhadap kebisingan mesin bensin / Chandra Bayu Fenanta

Fenanta, Chandra Bayu (2010) Pengaruh persentase bioetanol ketela pada bensin dan variasi putaran mesin terhadap kebisingan mesin bensin / Chandra Bayu Fenanta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Persentase Bioethanol Ketela Putaran Mesin Kebisingan Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional mentargetkan substitusi biofuel pada tahun 2024 adalah minimal 5% terhadap konsumsi energi nasional serta Inpres Nomor 1 Tahun 2006 tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati (Biofuel) sebagai Bahan Bakar Lain menunjukkan keseriusan Pemerintah dalam penyediaan dan pengembangan bahan bakar nabati diantaranya bioetanol dan biodiesel. Penggunaan bioethanol selain ditujukan untuk mensubtitusi bensin juga dimaksudkan untuk menekan tingginya polusi suara khususnya yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. Hal ini dipertegas Pemerintah dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No.48 Tahun 1996 tentang suara yang dapat mengganggu kesehatan dan lingkungan. Berdasarkan pemaparan diatas peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara campuran bioethanol ketela dengan bensin pada putaran mesin 800 rpm 1250 rpm 1850 rpm 2450 rpm 3050 rpm dan 3650 rpm terhadap kebisingan mesin bensin. Alat yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi untuk mencatat hasil pengukuran tool set tachometer sound level dan mesin yang digunakan dalam penelitian ini adalah engine stand mesin bensin 4 langkah jenis Datsun sedangkan bahan yang digunakan bahan yang digunakan adalah bioethanol ketela yang dicampur dengan bensin dengan persentase 5% 10% dan 15%. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan faktorial (design faktorial) dan menggunakan analisis anava satu jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa a) Terdapat perbedaan kebisingan antara campuran bioethanol 5% 10% dan 15% dengan bensin pada putaran mesin 800 rpm. b) Terdapat perbedaan kebisingan antara campuran bioethanol 5% 10% dan 15% dengan bensin pada putaran mesin 1250 rpm. c) Terdapat perbedaan kebisingan antara campuran bioethanol 5% 10% dan 15% dengan bensin pada putaran mesin 1850 rpm. d) Terdapat perbedaan kebisingan antara campuran bioethanol 5% 10% dan 15% dengan bensin pada putaran mesin 2450 rpm. e) Terdapat perbedaan kebisingan antara campuran bioethanol 5% 10% dan 15% dengan bensin pada putaran mesin 3050 rpm. f) Terdapat perbedaan kebisingan antara campuran bioethanol 5% 10% dan 15% dengan bensin pada putaran mesin 3650 rpm. Semakin tinggi persentase bioethanol pada bensin semakin tinggi kebisingan yang dihasilkan. Kebisingan minimum yang dihasilkan bahan bakar bensin sebesar 82 0875 dB pada 800 rpm sedangkan kebisingan maksimum yang dicapai bahan bakar 85% bensin 15% bioethanol ketela pada 3650 rpm sebesar 99 6 dB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42277

Actions (login required)

View Item View Item