Dampak implementasi kebijakan praktik industri terhadap kompetensi siswa kelas XII pada SMKN se-kota Malang untuk memasuki dunia kerja / Minar Adibi

Adibi, Minar (2010) Dampak implementasi kebijakan praktik industri terhadap kompetensi siswa kelas XII pada SMKN se-kota Malang untuk memasuki dunia kerja / Minar Adibi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Implementasi, praktik industri, kompetensi , dunia kerja Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga yang berpotensi untuk mempersiapkan sumberdaya manusia yang memasuki dunia kerja, karena materi baik teori dan praktik yang bersifat aplikatif telah diberikan sejak dini, dengan harapan lulusan SMK memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Akan tetapi, hanya 60 % dari lulusan SMKyang dapat terserap lapangan kerja, lebih dilematis lagi ketika 60 % dari lulusan SMK tersebut tidak semuanya bekerja sesuai dengan jurusan yang ditekuni semasa SMK. Melihat fenomena ini, tentunya terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, di antaranya adalah kurangnya kesiapan kerja dari lulusan SMK, belum adanya link and match antara SMK dengan dunia kerja serta tidak teridentifikasinya kebutuhan dunia kerja oleh SMK. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada siswa maupun lulusan SMK Program Keahlian Teknik Mesin dan pihak SMK untuk dapat memperbaiki program serta materi pengajaran agar lebih baik sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, sehingga dengan tersampaikannya informasi tersebut, dapat pula digunakan sebagai kerangka acuan untuk membangun hubungan yang baik serta saling tukar informasi dengan stakeholder. Dengan adanya link and match antara SMK dan dunia kerja, diharapkan pula dapat meningkatkan kualitas serta kesiapan kerja siswa SMK khususnya Program Keahlian Teknik Mesin. Rancangan penelitian digunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian evaluasi model CIPP, dengan kuesioner atau angket sebagai instrumen pengumpulan data Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) implementasi kebijakan praktik industri pada SMKN se-Kota Malang sudah baik. Adanya praktik industri dapat membantu siswa dalam menerapakan ilmu yang sudah di peroleh dari sekolah serta bisa memberikan gambaran tentang dunia industri yang sesungguhnya, (2) kurikulum SMKN se- Kota Malang sudah baik untuk mengimplementasikan kebijakan praktik industri. Hal ini terlihat sudah adanya penyesuaian antara kurikulum SMK dengan kebutuhan dunia industri, dan (3) Implementasi kebijakan praktik industri berdampak pada kompetensi siswa SMK, di mana siswa merasa setelah melaksanakan praktik industri kemampuan mereka meningkat serta lebih siap untuk memasuki dunia kerja. Dalam pelaksanaan kebijakan praktik industri pada SMK masih perlu adanya peningkatan pada beberapa aspek di antaranya: kemampuan dasar siswa, penempatan bidang pekerjaan sesuai dengan kemampuan siswa, pemanfaatan alat pelindung diri, serta kecepatan siswa dalam hal menyelesaikan tugas yang diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42274

Actions (login required)

View Item View Item