Pengaruh persentase kandungan etanol tetes tebu pada bahan bakar bensin dan variasi putaran mesin terhadap emisi gas buang mesin 4 tak / Yoga Pradipta

Pradipta, Yoga (2010) Pengaruh persentase kandungan etanol tetes tebu pada bahan bakar bensin dan variasi putaran mesin terhadap emisi gas buang mesin 4 tak / Yoga Pradipta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: persentase volume kandungan etanol tetes tebu, putaran mesin, emisi gas buang CO, CO2 dan HC. Etanol digunakan sebagai bahan campuran dalam bensin karena memiliki beberapa keunggulan yang diduga dapat mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Umumnya etanol yang beredar sekarang terbuat dari tetes tebu karena lebih mudah memproduksinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan persentase volume etanol dari tetes tebu pada bensin dan variasi putaran mesin terhadap kadar emisi gas buang CO, CO2 dan HC yang terjadi. Etanol tetes tebu yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari distributor kimia Bratachem yang beralamat di jalan Hamid Rusdi nomor 11A dan bensin yang digunakan diperoleh dari SPBU Pertamina 54.651.13 daerah Rampal. Penelitian dilakukan di Laboratorium Otomotif PPPPTK/VEDC Malang tanggal 16 Juli 2010. Penelitian ini menggunakan engine stand mesin bensin 4 tak Toyota 5K keadaan standar. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan disain faktorial 6x6. Persentase volume etanol tetes tebu perlakuan yang digunakan adalah 5%, 10%, 15%, 20% dan 25%. Putaran mesin perlakuan yang digunakan adalah 800 rpm, 1000 rpm, 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm dan 3000 rpm. Analisis hasil penelitian menggunakan Anova dua jalan dengan taraf signifikansi 0,01 menggunakan fasilitas software SPSS 14 for windows Evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan variasi persentase volume kandungan etanol tetes tebu dalam bensin dan variasi putaran mesin mempengaruhi emisi gas buang yang dihasilkan. Semakin besar persentase volume etanol tetes tebu dalam bensin sampai batas 20% dan kenaikkan putaran mesin menyebabkan penurunan emisi CO dan HC dan kenaikkan emisi CO2. Pada persentase volume etanol tetes tebu 25% terjadi kenaikkan emisi CO dan HC dan penurunan emisi CO2. Hasil emisi CO dan HC terendah dan emisi CO2 tertinggi diperoleh pada campuran etanol tetes tebu-bensin 20% pada 3000 rpm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42273

Actions (login required)

View Item View Item