Hubungan motivasi belajar dan partisipasi siswa dalam interaksi edukatif dengan prestasi belajar pada matadiklat mengukur menggunakan alat ukur mekanik presisi di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Adam Suprayogi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan motivasi belajar dan partisipasi siswa dalam interaksi edukatif dengan prestasi belajar pada matadiklat mengukur menggunakan alat ukur mekanik presisi di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Adam Suprayogi

Suprayogi, Adam (2010) Hubungan motivasi belajar dan partisipasi siswa dalam interaksi edukatif dengan prestasi belajar pada matadiklat mengukur menggunakan alat ukur mekanik presisi di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Adam Suprayogi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Motivasi Belajar Interaksi Edukatif dan Prestasi Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar partisipasi siswa dalam interaksi edukatif dengan prestasi belajar dan motivasi belajar dan partisipasi siswa dalam interaksi edukatif dengan prestasi belajar pada matadiklat Mengukur Menggunakan Alat Ukur Mekanik Presisi Semester Gasal Kelas X Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan populasi seluruh siswa kelas X teknik pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Pengujian angket menggunakan uji validitas dengan r tabel 3 00. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan uji F pada taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh secara positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada matadiklat mengukur menggunakan alat ukur mekanik presisi hal ini dapat dilihat dari t hitung 3 6374 t tabel 1 98. Interaksi edukatif berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang dilihat dari hasi t hitung 2 303 t tabel 1 98. Sedangkan secara simultan motivasi belajar dan interaksi edukatif berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil F hitung 13 690 F tabel 3 07. Selain itu diperoleh R Square sebesar 0 220 yang artinya secara simultan motivasi belajar dan interaksi edukatif berpengaruh sebesar 22% terhadap prestasi belajar siswa kelas X TPm pada matadiklat Mengukur Menggunakan Alat Ukur Mekanik Presisi. Sedangkan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah variabel motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin meningkat atau tingginya motivasi belajar dan interaksi edukatif baik secara individu maupun secara simultan akan diikuti oleh semakin meningkatnya prestasi belajar siswa pada matadiklat Mengukur Menggunakan Alat Ukur Mekanik Presisi. Disarankan kepada peneliti selanjutnya dengan kasus serupa agar mengembangkan variabel-variabel penelitian yang bervariasi yang diharapkan dapat mengungkap lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil temuan penelitian yang lebih berarti serta memperluas wilayah populasi dan menggunakan teknik pengumpulan data yang bervariasi agar hasil penelitian lebih akurat dan objektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42272

Actions (login required)

View Item View Item