Ijdentifikasi kesulitan yang dihadapu oleh guru mata diklat kemampuan produktif smk negeri kelompok industri se-kota malang dalam mengimplementasikan kurikurum tingkat satuan pendidikan (KTSP) / Ivan Ardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Ijdentifikasi kesulitan yang dihadapu oleh guru mata diklat kemampuan produktif smk negeri kelompok industri se-kota malang dalam mengimplementasikan kurikurum tingkat satuan pendidikan (KTSP) / Ivan Ardi

Ardi, Ivan (2010) Ijdentifikasi kesulitan yang dihadapu oleh guru mata diklat kemampuan produktif smk negeri kelompok industri se-kota malang dalam mengimplementasikan kurikurum tingkat satuan pendidikan (KTSP) / Ivan Ardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardi Ivan. 2010. Identifikasi Kesulitan yang Dihadapi oleh Guru Mata Diklat Kemampuan Produktif SMK Negeri Kelompok Industri Se-Kota Malang dalam Mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Skripsi jurusan Teknik Mesin Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mardji M. Kes. (II) Drs. H. Yoto S.T M.Pd M.M. Kata kunci kesulitan implementasi guru mata diklat kemampuan produktif kurikulum tingkat satuan pendidikan. Beberapa kasus diketahui bahwa implementasi KTSP diwarnai dengan minimnya sosialisasi dan persiapan guru. Pemahaman yang berbeda-beda tentang KTSP memungkinkan para guru mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan KTSP yang mencakup perencanaan pelaksanaan dan evaluasinya. Kelemahan dalam penerapan KTSP diantaranya adalah guru belum disiapkan secara memadai sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk KTSP belum tersedia serta sosialisasi yang tidak lancar tidak merata dan tidak mendalam. Dalam implementasi KTSP guru berperan sebagai fasilitator maka untuk dapat mengoptimalkan perannya sebagai fasilitator guru perlu memahami hal-hal yang berhubungan dengan pemanfaatan berbagai media dan sumber belajar. Subyek penelitian ini adalah guru mata diklat kemampuan produktif SMK Negeri kelompok industri se-kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dimaksudkan mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkenaan dengan masalah dan unit yang telah diteliti yang mencakup pernecanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Angket yang digunakan dalam penelitian ini telah diuji cobakan terlebih dahulu kepada 10 orang di sekolah yang dilakukan penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah mendeskripsikan tiap deskriptor indikator dan subvariabel dalam instrumen penelitian yang dibandingkan dengan skor rata-rata harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mata diklat kemampuan produktif kelompok industri SMK Negeri se-Kota Malang mengalami kesulitan sedang (57 6%) pada perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran mengalami kesulitan sedang (68 48%) dan evaluasi pembelajaran mengalami kesulitan rendah (55 67%). Kurangnya waktu sarana prasarana dan sumber informasi mengakibatkan para guru mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan KTSP. Para guru mengalami kesulitan dalam memperoleh sumber informasi dalam pembuatan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan KTSP sehingga mereka mengalami kesulitan pada ii perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Kurangnya sumber informasi dalam mengatasi kesulitan membuat para guru kesulitan dalam melakukan penyusunan perangkat pembelajaran sesuai dengan KTSP. Kurangnya sarana dan prasarana dalam kegiatan pembelajaran mengakibatkan guru kesulitan dalam melakukan pendekatan dan metode pembelajaran yang akan digunakan. Kurangnya waktu yang tersedia berpengaruh pada evaluasi pembelajaran yang dilakukan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42250

Actions (login required)

View Item View Item