Pengaruh penggunaan turbojet accelerator pada kendaraan berbahan bakar campuran solar dan minyak jarak 20% terhadap kadar emisi gas buang (CO, O2, dan CO2) / Choirul Anam - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan turbojet accelerator pada kendaraan berbahan bakar campuran solar dan minyak jarak 20% terhadap kadar emisi gas buang (CO, O2, dan CO2) / Choirul Anam

Anam, Choirul (2010) Pengaruh penggunaan turbojet accelerator pada kendaraan berbahan bakar campuran solar dan minyak jarak 20% terhadap kadar emisi gas buang (CO, O2, dan CO2) / Choirul Anam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anam Choirul. Pengaruh Penggunaan Turbojet Accelerator Pada Kendaraan Berbahan Bakar Campuran Solar dan Minyak Jarak 20% terhadap Kadar Emisi Gas Buang. Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sukarni ST. MT. (2) Dr. Marji M.Kes. Kata Kunci Turbojet Accelerator Minyak Jarak Emisi Gas Buang. Keterlambatan pemasukan udara ke ruang bakar saat akselerasi maupun putaran tinggi menjadi salah satu penyebab tidak sempurnanya pembakaran. Pembakaran yang tidak sempurna akan menghasilkan beberapa emisi gas buang yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Untuk mengurangi kapasitas keterlambatan udara yang masuk ke ruang bakar maka pada motor diesel dipasang turbojet accelerator yang berfungsi mempercepat aliran udara masuk ke ruang bakar. Hasil instalasi turbojet accelerator ini diharapkan dapat menambah pasokan udara di ruang bakar sehingga terjadi kesempurnaan pembakaran yang berujung pada berkurangnya kadar emisi gas buang. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kadar emisi gas buang (CO O2 dan CO2) pada motor diesel berbahan bakar campuran solar dan minyak jarak 20% pada faktor variasi putaran mesin penggunaan turbojet accelerator dan interaksi antara variasi putaran mesin dan penggunaan turbojet accelerator. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimental dengan desain faktorial 5x2. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah metode anava dua jalur dengan menggunakan turbojet accelerator pada kendaraan berbahan bakar campuran solar dan minyak jarak 20% pada putaran 1300 rpm 1600 rpm 1900 rpm 2200 rpm dan 2500 rpm. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kadar emisi gas buang (CO O2 dan CO2) ) pada motor diesel berbahan bakar campuran solar dan minyak jarak 20% pada faktor variasi putaran mesin penggunaan turbojet accelerator dan interaksi antara variasi putaran mesin dan penggunaan turbojet accelerator. Kadar CO mengalami perbedaan 0 5 % yaitu tanpa menggunakan turbojet accelerator sebesar 2% dan dengan turbojet accelerator sebesar 2 5%. Kadar O2 mengalami perbedaan 6 5 % yaitu tanpa menggunakan turbojet accelerator sebesar 7 5% dan dengan turbojet accelerator sebesar 1%. Kadar CO2 mengalami perbedaan 0 12 % yaitu tanpa menggunakan turbojet accelerator sebesar 3 76% dan dengan turbojet accelerator sebesar 3 86%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penggunaan turbojet accelerator pada motor diesel dengan menggunakan prosentase kandungan minyak jarak pada solar di atas 20% juga disarankan untuk melakukan penelitian mengukur emisi gas buang motor diesel yang lainnya seperti debu dan asap motor diesel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42246

Actions (login required)

View Item View Item