Sukma, Kharisma Melati (2023) Keberadaan Sanggar Seni Acharya Budaya dalam pengembangan seni tari di Kabupaten Blitar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sanggar Seni AChrya Budaya merupakan sanggar aktif yang mengedepankan keletarian seni dan sebagai wadah pelestarian kesenian di Kabupaten Blitar. Sanggar ini adalah sanggar yang memiliki karya dan mengedepankan sebuah pelestarian serta pengembangan seni tari di Kabupaten Blitar. Berbagai upaya dilakukan untuk mengembangkan seni tari yaitu dengan membebaskan biaya kelas putera dan meraih juara serta mewakili Kabupaten Blitar dalam berbagai event. Hal tersebut membuat peneliti terdorong untuk meneliti keberadaan sanggar ini. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi, menganalisis, dan mengimplementasikan keberadaan sanggar dalam pengembangan seni tari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan objek penelitian Sanggar Seni Acharya Budaya. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan sistem observasi, wawancara dan dokumentasi berupa foto dan video kegiatan sanggar dengan narasumber adalah Suprih Yuono, Suprapti, Erlina, Sefita, dan Adinnia. Hasil dari penelitian adalah peranan Sanggar Seni Acharya Budaya dalam perkembangan tari dapat dilihat melalui kegiatan pelatihan, pementasan tari dan penciptaan karya tari serta menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga yang merupakan usaha penyebaran tari agar lebih dikenal oleh masyarakat. Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini adalah sanggar ini menjalin kerja sama dan mencetak penari handal dengan tujuan mengembangkan seni tari di Kabupaten Blitar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 07:02 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 07:02 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4224 |
Actions (login required)
View Item |