Study kasus pelaksanaan pendidikan sistem ganda (PSG) mekanik otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen - Malang / Moch. Samsy - Repositori Universitas Negeri Malang

Study kasus pelaksanaan pendidikan sistem ganda (PSG) mekanik otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen - Malang / Moch. Samsy

Samsy, Moch. (2009) Study kasus pelaksanaan pendidikan sistem ganda (PSG) mekanik otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen - Malang / Moch. Samsy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan sistem ganda (PSG) adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang merupakan perpaduan antara pendidikan disekolah dan pendidikan pelatihan keahlian dalam dunia kerja/dunia industri. PSG akan meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa terjun secara langsung dalam dunia kerja/industri yang memerlukan pembelajaran dan keahlian intensif. Pada dasarnya tujuan pokok pelaksanaan pendidikan sistem ganda adalah meningkatkan kualitas lulusan lembaga pendidikan kejuruan. Seorang lulusan lembaga pendidikan kejuruan yang berkualitas Lebih mengacu pada kemampuan dan keterampilan kerja sesuai dengan kebutuhan industri/ dunia kerja. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedekatan study kasus. Menurut Bogdan dan Biklen (dalam Moleong 2002) pendekatan penelitian studi kasus merupakan suatu pengungkapan secara rinci tentang suatu keadaan atau tempat penyimpanan dokumen maupun fakta-fakta baru suatu peristiwa tertentu. Penelitian ini memusatkan perhatian pada proses pelaksanaan PSG di SMK Muhammadyah 1 Kepanjen dengan bengkel TUKI MOTOR . Agar penelitian ini benar-benar terungkap maka diperlukan pengamatan yang mendalam dengan menggunakan penelitian jenis kualitatif. Dalam mengadakan penelitian kualitatif ini penelitian berorientasi pada hal-hal yang bersifat teoritis. Teori dibatasi pada pengertian sistematis yang berkaitan dengan data dan diuji secara empiris. maka semua fakta-fakta berupa kata-kata lisan maupun tulisan dari sumber data manusia yang telah diamati dan dokumen-dokumen yang terkait disajikan dan digambarkan selanjutnya ditelaah. Dari hasil pelaksanaan sistem ganda (PSG) ini sekolah dapat mewujudkan kerja sama yang baik dengan DU/DI oleh karena itu pihak industri lebih dapat mengenal persis kualitas peserta didik yang belajar dan bekerja di industri tersebut. Hal ini dapat lebih menambah peluang pekerjaan yang diberikan kepada siswa setelah kelulusan. dari data yang diperoleh peneliti setelah proses wawancara menjelaskan bahwa jumlah siswa yang telah bekerja di industri mencapai kurang lebih 60% jumlah tersebut dapat dibuktikan dari pihak sekolah melalui informasi dari pihak industri dan kalangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42234

Actions (login required)

View Item View Item