Upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matadiklat mempergunakan mesin bubut melalui pembelajaran kooperatif STAD di kelas 2TPM4 SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Mohammad Ja'far Sodiq - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matadiklat mempergunakan mesin bubut melalui pembelajaran kooperatif STAD di kelas 2TPM4 SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Mohammad Ja'far Sodiq

Sodiq, Mohammad Ja'far (2009) Upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matadiklat mempergunakan mesin bubut melalui pembelajaran kooperatif STAD di kelas 2TPM4 SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Mohammad Ja'far Sodiq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sodiq Mohammad Ja far. 2009. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Be-lajar Matadiklat Mempergunakan Mesin Bubut melalui Pembelajaran Ko-operatif STAD di Kelas 2TPm4 SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Yoto S.T. M.Pd. M.M. (II) Drs. H. Maftuchin Romlie M.Pd. Kata Kunci pembelajaran kooperatif STAD motivasi prestasi Selama ini masih banyak guru yang menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah. Berdasarkan hasil observasi di kelas XI Teknik Pe-mesinan 4 SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Kabupaten Malang saat pembela-jaran matadiklat Mempergunakan Mesin Bubut pembelajaran dengan metode ce-ramah membuat siswa kurang antusias sehingga berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil perolehan nilai tes/u-jian siswa. Dari besar nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan oleh guru matadiklat Mempergunakan Mesin Bubut yaitu 70 (tujuh puluh) ternya-ta dari 46 siswa hanya 32 6% (15 siswa) yang mampu mencapai kriteria lulus. Mengingat rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa maka dirancanglah sua-tu penelitian tindakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan perubahan metode pembelajaran dari paradigma teacher center menuju metode pembelajaran dengan paradigma student center. Metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan suatu alternatif metode pembelajaran yang berusaha mengaktifkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Pene-litian dilaksanakan dalam 2 siklus yang diawali dengan kegiatan observasi dan refleksi awal kemudian diikuti dengan tahapan-tahapan pada setiap siklus yaitu tahap perencanaan pelaksanaan tindakan kelas pengamatan dan refleksi. Dalam tahap pelaksanaan tindakan guru menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD yang terdiri dari beberapa kegiatan yang dimulai dengan class presen-tation pembentukan kelompok pemberian tugas tes/kuis evaluasi poin pening-katan individ dan diakhiri penutup. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan ternyata pembelajaran ko-operatif tipe STAD pada matadiklat Mempergunakan Mesin Bubut siswa kelas XI Teknik Pemesinan 4 SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen terbukti mampu mening-katkan motivasi belajar siswa. Dalam akhir kegiatan penelitian tindakan ini dapat diketahui bahwa rata-rata motivasi belajar meningkat sebesar 7 8% dari 76 29% pada siklus 1 menjadi 84 10% pada siklus 2. Hasil pengamatan menunjukkan bah-wa siswa sangat antusias menyelesaikan soal latihan secara kelompok dan aktif bertanya ketika guru menyampaikan materi. Di samping itu pembelajaran koope-ratif tipe STAD juga mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Persentase ke-tuntasan belajar siswa aspek kognitif pada pembelajaran tanpa STAD sebesar 32 6% meningkat pada siklus 1 menjadi 43 48% sedangkan siklus 2 mencapai angka 93 48% dan dikategorikan tuntas dari persyaratan sebesar 85%. Siswa mengaku bahwa adanya interaksi antarkelompok dan penghargaan mampu me-motivasi secara individu untuk tekun belajar guna memperoleh nilai yang baik. Berdasarkan data di atas maka terdapat beberapa saran yang diberikan yaitu (1) bagi guru matadiklat Mempergunakan Mesin Bubut SMK Muhammad-iyah 1 Kepanjen Kabupaten Malang dan guru matadiklat lain disarankan untuk se-nantiasa melakukan pembelajaran kreatif dan inovatif dengan mengacu pada mo-del pembelajaran student center. Salah satu bentuk aplikasinya adalah pembela-jaran kooperatif dan khususnya tipe STAD. Pembelajaran jenis ini lebih mengede-pankan keaktifan siswa dalam pembelajaran yaitu berupa diskusi kelompok dan pebelajaran teman sejawat sehingga diharapkan siswa mampu mengkonstruk sen-diri pemikirannya (2) hendaknya sekolah-sekolah khususnya SMK Muhammad-iyah 1 Kepanjen Kabupaten Malang senantiasa mengarahkan kepada tenaga pen-didiknya untuk melakukan pembelajaran yang berparadigma student center yang condong untuk menciptakan keaktifan siswa dalam pembelajaran agar siswa mampu mengeksplorasi pemikirannya (3) bagi peneliti selanjutnya hendaknya da-lam melaksanakan kegiatan penelitian tindakan kelas khususnya tentang penerap-an model pembelajaran peneliti memberikan inovasi yang sangat berbeda dengan penelitian-penelitian terdahulu. Hal itu dilakukan dengan harapan dapat memper-kaya wawasan bagi tenaga pendidik profesional khususnya dalam mengatasi ma-salah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42233

Actions (login required)

View Item View Item