Studi tentang kualitas pembelajaran mata diklat produktif bidang keahlian mekanik otomotif (MO) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 6 Malang / Rudy Prasetya Hutama - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang kualitas pembelajaran mata diklat produktif bidang keahlian mekanik otomotif (MO) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 6 Malang / Rudy Prasetya Hutama

Hutama, Rudy Prasetya (2010) Studi tentang kualitas pembelajaran mata diklat produktif bidang keahlian mekanik otomotif (MO) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 6 Malang / Rudy Prasetya Hutama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetya Hutama Rudy. 2009. Study Tentang Kualitas Pembelajaran Mata Diklat Produktif Bidang Keahlian Mekanik Otomotif (MO) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 6 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sutijono M.M. (2) Drs. Sumarli M.Pd M.T. Kata Kunci kualitas pembelajaran di SMK mata diklat produktif. Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa pendidikan adalah upaya sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan pengajaran dan bagi perannya di masa yang akan datang. Salah satu lembaga pendidikan adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam penjelasan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 pasal 15 dijelaskan pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang menyiapkan peserta didik untuk bekerja dalam bidang tertentu. Dalam pelaksanaan pembelajarannya mata diklat di SMK diorganisasikan menjadi tiga kelompok yaitu normatif adaptif dan produktif sesuai dengan Keputusan Menteri dan Kebudayaan No. 0490/U/1992 Bab IX pasal 21. Salah satu langkah untuk mengetahui kualitas pembelajaran yang dilakukan di SMK adalah dengan mengetahui tahapan pengajarannya yang mencakup (1) sebelum pengajaran (pre-active) (2) pelaksanaan pengajaran (inter-active) (3) sesudah pengajaran (post-active) kemudian dari hasil penelitian mengenai tahapan pengajaran yang telah dilakukan akan dapat dibuat kesimpulan mengenai kualitas pembelajaran di SMK tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang mengambil tempat penelitian di SMK Negeri 6 Malang dengan populasi penelitian 559 siswa yang terdiri dari kelas X MO1 sampai X MO9 dan XII MO1 sampai XII MO 5 bidang keahlian Mekanik Otomotif (MO) sedangkan populasi guru terdiri dari 15 guru yang mengajar mata diklat produktif bidang keahlian MO. teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik proportional stratified random sampling dengan mengambil sampel untuk siswa sebanyak 55 siswa dari kelas X dan kelas XII dan untuk guru diambil populasinya langsung sebanyak 15 guru. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner yang diberikan langsung kepada objek yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kualitas perencanaan pembelajaran masuk dalam kriteria sangat baik dengan nilai rata-rata (mean) 52 87 yang berada pada rentangan 52 08 60 03 Pada tahap pelaksanaan pembelajaran mempunyai nilai rata-rata (mean) 70 06 yang berada pada rentangan 68 02 77 02 dengan kriteria baik dan pada tahap evaluasi pembelajaran mempunyai nilai rata-rata (mean) 26 08 yang berada pada rentangan 25 08 28 03 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat dilakukan tindakan lanjut oleh kepala sekolah yang berupa pengawasan pembelajaran yang dilakukan serta lebih aktif lagi mengirimkan guru untuk pelatihan atau seminar guna meningkatkan kualitas guru. Sedangkan bagi guru mata diklat produktif di SMK Negeri 6 Malang diharapkan selalu mengacu pada standar proses dalam melaksanakan pembelajaran yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42232

Actions (login required)

View Item View Item